Hari Lingkungan Hidup

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup (LH) menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) 2022 yang dirayakan setiap 5 Juni.

Tahun ini, HLH mengusung tema ‘Udara Bersih untuk Jakarta’ yang fokus pada isu pencemaran udara.

Kepala Seksi Penyuluhan dan Hubungan Masyarakat Dinas LH DKI Jakarta, Yogi Ikhwan mengatakan, peringatan HLH merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun. Kegiatan tersebut dihelat untuk mensosialisasikan isu lingkungan sekaligus bagian dari rangkaian Hajatan Jakarta ke-495.

Yogi menjelaskan, tujuan kegiatan ini untuk mendorong realisasi lnstruksi Gubernur (Ingub) DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2019 tentang Percepatan Pelaksanaan Pengendalian Kualitas Udara di Provinsi DKI Jakarta melalui pendekatan multisektoral.

Serangkaian kegiatan yang akan digelar berkolaborasi dengan berbagai lembaga dan komunitas yang konsisten dengan program pendampingan masyarakat terkait isu lingkungan dan kesehatan masyarakat, transportasi, tata kota serta informasi pencemaran udara.

Lembaga dan komunitas yang ikut terlibat dalam kegiatan ini antara lain Vital Strategies, lnstitute for Transportation and Development Policy (ITDP) Indonesia sebagai kolaborator utama.

Sementara kolaborator pendukung seperti Ayo Ke Taman, Bicara udara, Nafas, lnstitute for Essential service Reform (IESR), UNlCEF lndonesia, dan Nekropolis.

“Kegiatan HLH 2022 direncanakan dalam bentuk edukasi dan kampanye publik untuk meningkatkan kesadaran. Khususnya terkait pencemaran udara dengan mendukung dan menjalankan aksi-aksi untuk mencapai udara bersih di Jakarta,” ungkap Yogi, Jumat (3/6).

Pesan komunikasi utama dari rangkaian acara HLH 2022 berupa aksi kolektif untuk membersihkan udara dengan pesan meningkatkan pemahaman publik tentang polusi udara, membangun kesadaran tentang bagaimana polusi udara mempengaruhi kesehatan serta menjelaskan aksi mudah mengatasi polusi udara sebagai upaya melindungi lingkungan dan kesehatan seperti menggunakan kendaraan umum dan transportasi hijau.

“Dan kolaborasi menjadi salah satu kunci utama untuk meningkatkan kualitas udara di Jakarta,” ucap Yogi.

Rangkaian acara HLH 2022:

-Kegiatan pendahuluan HLH 2022 adalah kampanye digital selama satu bulan dengan berkolaborasi dengan komunitas dan Key Opinion Leader untuk menyuarakan pentingnya udara bersih untuk Jakarta.

Kampanye ini akan terdiri dari unsur: filter interaktif lnstagram, kampanye lnstagram, seri podcast dengan mengundang nara sumber dari para kolaborator dan komunitas dan integrasi kampanye dengan armada transportasi publik di Jakarta seperti TransJakarta dan MRT.

-Acara pre-event yang berbentuk Key Opinion Leader dan media briefing untuk mengundang rekan media meliputi acara puncak HLH 2022.

-Konsep acara puncak merupakan kegiatan Car Free Day dan aktivasi di Taman Tebet Eco Park yang terdiri dari:
1. Talkshow – dengan perwakilan Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, partner kolaborasi dan perwakilan anak muda dengan tema ‘Apa yang Bisa Kulakukan untuk Mengurangi Upaya Pencemaran Udara?’.
2. Pertunjukan musik oleh musisi lokal.
3. Kuratorial instalasi seni dengan tema ‘Bayangkan Jakarta Bagaimana Tanpa Polusi Udara?’.
4. Aktivasi oleh masing-masing kolaborator, dengan tema mendorong perilaku lebih ramah terhadap udara DKI Jakarta (contohnya instalasi elektrifikasi kendaraan, panel surya, penggunaan sepeda dan lain-lain).
5. Booth makanan dan minuman.
6. Pembukaan dan kegiatan riding dengan BikeShare oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dari Stasiun KRL/Halte TransJakarta/Bus Listrik sampai ke EcoPark Tebet.

“Pelaksanaan acara puncak HLH 2022 direncanakan dengan format offline event pada Minggu 5 Juni 2022 mulai pukul 07.00 di Tebet Eco Park,” tandas Yogi. (hop)