MotoGP Belanda 2021(motogp.com)

Kastara.ID, Silverstone – Pembalap Italia, Franco Morbidelli, resmi tidak mendapat perpanjangan kontrak dari Yamaha di MotoGP untuk tahun depan.

Artinya, musim 2023 ini akan menjadi tahun terakhir Morbidelli bersama Yamaha di kelas utama.

Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, mengungkap bahwa hasil Morbidelli dalam dua musim terakhir ini tidak memenuhi harapan.

Sehingga 2024 menjadi waktu yang tepat untuk perubahan, baik bagi Yamaha maupun bagi Morbidelli.

Yamaha dengan tulus berterima kasih atas semua hasil Morbidelli sejauh ini, termasuk yang terbaik sebagai runner-up pada musim 2020 lalu.

Morbidelli kemudian akan digantikan oleh pembalap Spanyol, Alex Rins, di tim Monster Energy Yamaha.

“Pertama dan terutama, saya ingin berterima kasih kepada Franky atas kerja keras dan dedikasinya sejak dia memulai dengan tim pabrikan dan juga jauh sebelumnya ketika dia menjadi pembalap satelit untuk Yamaha. Kemitraan Yamaha dan Morbidelli menghasilkan beberapa hasil yang luar biasa, termasuk gelar runner-up yang luar biasa di tahun 2020,” papar Jarvis dalam rilis resmi yang disiarkan MotoGP.com.

“Sayang sekali bahwa dua tahun terakhir tidak berjalan seperti yang kami inginkan dan harapkan. Kami membahas kemungkinan untuk melanjutkan kemitraan kami, tapi pada akhirnya kami memutuskan bahwa 2024 akan menjadi momen untuk melakukan perubahan, baik untuk Yamaha maupun Franky. Tim akan terus mendukung Franky sepenuhnya dengan segala cara yang kami bisa untuk menutup waktu yang kami habiskan bersama dengan cara terbaik,” jelas Jarvis.

Morbidelli belum dipastikan akan melanjutkan karir di MotoGP tahun depan. (tra)