Kastara.ID, Jakarta – Bank DKI berhasil meraih penghargaan ‘Indonesia Best Bank 2023 for The Ease of Payment for Daily Needs (Category: KBMI 2, BPD)’ atas komitmen dan kosistensinya menghadirkan berbagai layanan perbankan digital untuk kemudahan transaksi masyarakat sehari-hari.

Plt Direktur Utama (Dirut) Bank DKI, Amirul Wicaksono mengatakan, penghargaan ini menjadi apresiasi yang bernilai dalam upaya transformasi digital serta komitmen Bank DKI dalam memperluas jangkauan layanan keuangan kepada para nasabah.

“Penghargaan ini dedikasikan kepada seluruh pemangku kepentingan, nasabah, khususnya mitra bisnis yang tumbuh dan berbisnis bersama Bank DKI. Termasuk lagkah kolaborasi, entitas, pemerintahan, BUMD, BUMN, maupun swasta lain,” ujar Amirul, Kamis (3/8).

Dia menyampaikan, hadirnya berbagai produk dan layanan digital Bank DKI menjadi komitmen perseroan dalam menjawab tantangan di era digitalisasi serta upaya meningkatkan kinerja positif perusahaan.

Menurutnya, digital shifting menjadi hal yang tidak terlepas dari upaya perseroan dalam menyambut perubahan perilaku masyarakat, khususnya nasabah yang membutuhkan layanan perbankan mudah, aman dan nyaman.

“Sehingga, transformasi layanan perbankan digital, terus menjadi concern kami,” kata Amirul.

Sementara Sekretaris Perusahaan Arie Rinaldi menjelaskan, penghargaan Indonesia Best Bank Awards 2023 yang diperoleh Bank DKI menjadi apresiasi dan pendorong perseroan untuk terus memperluas akses keuangan dan meningkatkan nilai tambah atas produk dan layanan, termasuk melalui berbagai langkah kolaborasi.

“Penghargaan ini menjadi semangat bagi seluruh insan Bank DKI dalam menghadirkan inovasi layanan perbankan dalam perwujudan capaian perusahaan menjadi bank pilihan bagi masyarakat Jakarta,” ucap Arie.

Untuk diketahui, penghargaan Indonesia Best Bank Awards 2023 diberikan kepada pelaku jasa keuangan dengan melewati sejumlah mekanisme penilaian yakni metode desk research dengan enam aspek variabel yaitu, Profil Risiko, Tata Kelola Perusahaan, Rentabilitas, Permodalan, Kinerja Intermediasi, dan Digital Shifting Condition.

Selanjutnya metode media monitoring dan metode expert panels turut dilakukan untuk memperkuat kandidat dalam menerima penghargaan tersebut.

Sebagai informasi, Bank DKI secara konsisten melakukan peningkatan dan pengembangan layanan perbankan digital di antaranya super apps JakOne Mobile yang semakin memiliki ragam fitur transaksi pembayaran sehari-hari mulai dari transfer antar rekening, pembukaan rekening, Scan QRIS, hingga Zakat dan Donasi. Terbaru, Bank DKI telah meluncurkan fitur JakErte yang memberikan kemudahan pengurusan administrasi bagi pengurus RT.

Selain itu, Bank DKI juga terus mengembangkan JakOne Abank bagi para pelaku UMKM dan layanan digital lain seperti Cash Management System, maupun aplikasi pengajuan kredit/pembiayaan secara online, dengan aplikasi digital lending.

Dalam hal pelayanan transaksi non-tunai menggunakan kartu, Bank DKI terus memperluas akseptasi JakCard yang berfungsi sebagai kartu uang elektronik di berbagai moda transportasi DKI Jakarta, tiket masuk sejumlah museum, hingga transaksi di berbagai merchant.

Bahkan, beberapa waktu lalu Bank DKI telah melakukan launching implementasi penggunaan JakCard sebagai tiket kereta Commuter Line sebagai kolaborasi bersama PT Kereta Commuter Indonesia. (hop)