Kastara.ID, Jakarta – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan China Railways Construction Corporation (CRCC), perusahaan konstruksi perkeretaapian asal China menawarkan diri membangun sistem transportasi di calon ibu kota baru di Kalimantan Timur. CRCC yakin teknologi trasportasi publik yang dimilikinya bisa digunakan di ibukota Indonesia yang baru.

Selain itu CRCC juga menawarkan kerja sama pembangunan kereta cepat Jakarta-Surabaya. Mantan Menko Polhukam ini menyebut kualitas kereta cepat buatan China sangat bagus. Meski saat ini Indonesia sudah memiliki komitmen kerja sama dengan Jepang, tapi menurut Luhut tidak ada salahnya pemerintah mengizinkan China menggarap proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya.

Luhut menyebut tawaran China ini akan membuat pihak Jepang tidak main-main dengan proyek tersebut. Luhut yakin Jepang bakal lebih berhati-hati. Pasalnya jika tidak, proyek kereta cepat bakal direbut China.

Selain itu CRCC juga berencana membangun perumahan murah. Luhut menjelaskan, perumahan yang diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu atau berpenghasilan rendah ini akan berlokasi di Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Saat berbicara di Kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta, kemarin (2/9), Luhut mengatakan pihak CRCC sudah menemui dirinya dan menyampaikan keinginan tersebut. Meski demikian Luhut tidak bisa menjelaskan secara detail rencana pembangunan rumah murah tersebut. Namun Luhut memastikan CRCC serius intin berinvestsi dan ikut menyediakan rumah murah bagi warga kurang mampu. (rya)