Kastara.ID, Jakarta – Di acara HUAWEI CONNECT 2023, Huawei Security mempertemukan elite industri global, pemimpin teknologi, dan praktisi industri senior yang menjadi penentu keputusan. Peserta acara ini mengeksplorasi cetak biru pengembangan keamanan jaringan.

Di sesi diskusi tentang keamanan jaringan, Mike Ma, PresidentSecurity Product Domain, Huawei Data Communication Product Lin, memperkenalkan versi terbaru dari arsitektur keamanan terintegrasi cloud-network-edge-endpoint, HiSec 3.0. Dia juga memaparkan pemahaman dan praktik terkini yang dijalankan Huawei dalam keamanan jaringan. Selain itu, Huawei juga meluncurkan solusi keamanan jaringan HiSec SASE berdasarkan arsitektur cloud-network-edge-endpoint yang mendefinisikan kembali batasan enterprise security.

Menurut Mike Ma, perkembangan digital kini menjadi prioritas nasional, dan keamanan jaringan menjadi basis bagi dunia digital. Demi menjaga enterprise security, Huawei memperbarui solusi keamanan terintegrasi cloud-network-edge-endpoint HiSec 3.0. Dari sisi cloud, layanan SaaS 10+ pada platform cloud Huawei Qiankun dapat digunakan dengan paket langganan, baik lewat model on-demand dan implementasi secara real-time, untuk menjamin proteksi efektif. Dari sisi jaringan, kapabilitas jaringan dan keamanan terintegrasi. Sedangkan manajemen dan pengendalian diperingkas guna menciptakan jaringan simpel.

Dari sisi edgecontainerized security resource pool dan orkestrasi fleksibel pada rantai layanan keamanan jaringan mewujudkan implementasi layanan dalam hitungan menit. Dari sisi endpoint, Huawei Qiankun EDR bersifat lightweight, mudah diimplementasikan, serta memiliki laju deteksi ancaman terbaik. Dengan fitur-fitur ini, HiSec 3.0 menawarkan proteksi lengkap dan canggih bagi kalangan perusahaan.

Setelah transformasi digital berjalan cepat, layanan bermigrasi ke cloud sehingga konektivitas muncul pada seluruh hal dan konvergensi cloud-jaringan pun berkembang. Namun, tren ini juga disertai lonjakan ancaman keamanan jaringan yang dihadapi kalangan perusahaan.

Maka, solusi keamanan jaringan HiSec SASE diluncurkan Huawei sebagai solusi yang mendefinisikan kembali batasan enterprise security. Solusi ini memiliki empat fitur pintar: Pertama, intelligent operations, menerapkan manajemen, orkestrasi, dan respons terpadu yang menghemat OPEX hingga 50%. Kedua, intelligent orchestration yang menghasilkan fitur-fitur keamanan berjalan lewat mekanisme container-based on-demand loading, mewujudkan utilisasi sumber daya di atas 70%. Ketiga, intelligent lossless, memanfaatkan Adaptive Forward Error Correction (A-FEC) yang menjamin kelancaran video, bahkan ketika packet loss terjadi hingga 30%. Terakhir, intelligent response, mencakup deteksi dinamis secara berkelanjutan, real-time backup, pemulihan berkas terenkripsi, serta meniadakan packet loss.

Di sesi diskusi tentang keamanan jaringan finansial, Huawei mengundang perusahaan jasa keuangan ternama di seluruh dunia, serta membahas “SASE branch security”. Solusi keamanan jaringan HiSec SASE dari Huawei hadir sebagai solusi ideal untuk remote office, jaringan multi-branch, dan proteksi endpoint. Solusi HiSec SASE menawarkan akses SaaS, public cloud, Internet, dan kantor pusat perusahaan secara efisien dan aman di sejumlah sektor, seperti layanan umum, keuangan, dan manufaktur. (rfr)