Kapal Selam

Kastara.ID, Jakarta – Sejumlah peneliti temukan kapal selam perang milik Inggris HMS Urge yang dinyatakan hilang secara misterius pada 77 tahun silam.

Kapal misterius ini ditemukan peneliti saat menggunakan kendaraan bawah air otonom, di lepas pantai Kepulauan Malta, Kepulauan Mediterania, Eropa Selatan.

Untuk diketahui, Urge hilang di puncak Perang Dunia II setelah beberapa kali melakukan misi perang.

Kepulauan Malta memang menjadi pangkalan kapal selam milik Inggris, namun tentara Jerman melakukan penyerangan di sekitar Mediterania membuat Angkatan laut Inggris memerintahkan komandan kapal untuk menuju Mesir.

Urge meninggalkan Kepulauan Malta pada 27 April 1942 dan sejak saat itu pula kapal selam tersebut tidak pernah mencapai pelabuhan Mesir.

Urge adalah satu dari 13 kapal selam kecil yang hilang di Mediterania selama Perang Dunia II, menurut pernyataan Angkatan Laut Inggris. Selama patroli di sana, kapal selam itu berhasil menenggelamkan kapal perang Italia Vittorio Veneto dan Italia Bande Nere.

Menurut para peneliti yang menemukan bangkai kapal, kapal selam itu ditenggelamkan oleh ranjau yang dipasang di sekitar pulau selama Perang Dunia II.

Sekarang, kapal selam yang telah menjadi bangkai itu terdampar di dasar laut, sekitar 400 kaki atau 122 meter di bawah laut meski, lokasi persisnya belum diungkapkan.

Melalui situs resmi Angkatan Laut Kerajaan Inggris mengatakan HMS Urge telah ditemukan dan diidentifikasi.

Timmy Gambin, seorang profesor di departemen Klasik dan Arkeologi UM yang bekerja pada proyek tersebut, mengatakan bahwa UM telah menghabiskan waktu selama 20 tahun untuk memetakan dasar laut di lepas pantai Kepulauan Malta.

Perburuan kapal selam dimulai pada 2017 ketika Francis Dickinson, cucu dari komandan Urge menghubungi Universitas Malta (UM) terkait proyek pemetaan dasar laut dan meminta fokus melakukan pencarian Urge. (yan)