Gaza

Kastara.ID, Jakarta – Pasukan Israel kembali melakukan serangan balik lewat udara Sabtu dini hari (2/11) ke jalur Gaza menyusul serangan di Israel Selatan yang merusak sebuah rumah.

Berdasarkan informasi satu rumah dilaporkan rusak dan tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam serangan yang terjadi secara berturut-turut dalam dua malam terakhir.

Militer Israel mengatakan, serangan tersebut sebagai teror bagi masyarakat di Israel selatan.

Di lain sisi, Hamas mengonfirmasi telah menembaki pesawat Israel yang tengah melakukan serangan. Tentara Israel pun mengonfirmasi adanya tembakan dari Gaza.

Laporan AFP, serangan tersebut dilaporkan sebagai balasan atas 10 roket yang ditembakkan Hamas pada Jumat (1/11) malam di Israel selatan.

Serangan udara ini menarget basis Hamas dan sekutu, menyebabkan tiga orang terluka dan satu orang dalam kondisi kritis akibat serangan tersebut.

Tercatat Gaza terakhir melakukan serangan roket ke Israel pada 12 September 2019.

Sebelumnya pada Agustus 2019, serangkaian serangan roket dari Gaza dan aksi saling balas dari Israel terus terjadi. Sejumlah bentrokan juga terjadi di area perbatasan hingga meningkatkan ekskalasi antara Hamas dan Israel. (yan)