Kastara.id, Jakarta – Malam ini, Timnas Indonesia berhadapan dengan Timnas Vietnam dalam babak semi final ajang Piala AFF 2016. Ketua DPR RI Setya Novanto memberi semangat kepada Timnas Indonesia. “Saya dan Rakyat Indonesia sangat yakin, Timnas Indonesia mampu mengatasi permainan Timnas Vietnam di bawah asuhan Nguyeng Huu Thang. Apalagi pertemuan pertama akan berlangsung di tempat kita, Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat,” kata Setya Novanto dalam pernyataan persnya di Jakarta, Sabtu (3/12).

Menurut orang nomor satu di DPR ini, Timnas Indonesia harus betul betul memanfaatkan kesempatan pertama ini sebaik-baiknya. Meski secara statistik, kualitas Timnas Indonesia cenderung tidak kalah bersaing dari Timnas Vietnam, namun kita tidak boleh lengah karena kemampuan bertahan pemain Timnas Vietnam cukup baik. “Timnas Indonesia harus memaksimalkan potensi penyerangan yang begitu baik selama ajang Piala AFF 2016 ini,” ujarnya.

Ajang Piala AFF ini cukup membangkitkan animo olahraga di Tanah Air. Tidak hanya itu, keikutsertaan Timnas Indonesia sejak ajang Piala AFF yang sebelumnya disebut Piala Tiger sejak 1996, selalu menyisakan cerita heroik tentang dukungan seluruh komponen bangsa terhadap Timnas Indonesia yang membawa Merah Putih ke pentas internasional.

Publik seakan melupakan rutinitas kesehariannya dengan segala persoalan yang melekat padanya. Baik itu persoalan sosial, politik, maupun ekonomi dengan segala dinamikanya. Rakyat Indonesia menyatu dan membaur di bawah semangat juang para saudara kita yang sedang berjuang mengharumkan merah putih dengan lambang garuda di dada mereka.

Solidaritas lewat momentum ajang Piala AFF ini harus senantiasa dipupuk dengan baik. Agar sebagai anak bangsa, kita harus memandang segala kontestasi sebagai milik bersama. Saling mendukung, saling memberi semangat, meski kita berbeda-beda asal-usul namun dipersatukan oleh merah putih.

Hal ini juga membuktikan bahwa olahraga mampu menyatukan kita. Olahraga mampu menyamakan visi dan misi kita tentang pentingnya untuk berjuang dan melakukan segala hal dengan maksimal. Kemenangan tentu saja adalah tujuan utama. Namun di balik itu, soliditas dan kerja sama yang baik adalah paling utama, apapun hasilnya.

Atas dasar itulah Setnov mengapresiasi Pelatih Timnas Indonesia saat ini, Alfreid Riedl, yang mampu menyatukan kembali potensi sepak bola di ajang Internasional. Meski bukan pertama kali, apalagi dia bukan orang baru, namun di tengah hiruk-pikuk organisasi PSSI saat ini, masyarakat tetap solid memberi dukungan dan semangat. Itu artinya persatuan dan kesatuan lebih penting di atas segalanya. Semoga hal itu juga akan menular dalam permainan timnas di lapangan hijau nantinya. “Selamat bertanding saudaraku, tim sepak bola Indonesia. Semoga Allah SWT memberikan yang terbaik bagi bagi tim sepakbola kita,” katanya. (arya)