UMKM

Kastara.ID, Depok – Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perkembangan perekonomian masyarakat, khususnya Kota Depok. Dengan diberikannya fasilitas berupa kios-kios diharapkan para pelaku UMKM dapat berkembang serta dapat meningkat lebih baik, minimal pemasukan untuk keluarga.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Fitriawan mengatakan, tujuan pemerintah daerah Depok sendiri, dengan memberikan fasilitas berupa kios-kios agar pelaku UMKM dapat membangun dan mengembangkan produknya sendiri khususnya di wilayah Depok.

“UMKM adalah program yang dirintis Pemkot Depok yang peduli terhadap fasilitas untuk para pelaku UMKM. Itu menjadi awal kepedulian yang harus dijalani dengan perawatannya,” katanya.

Menurutnya, mengenai program-program percepatan atau peningkatan usaha UMKM dari Pemkot Depok sangat diapresiasi dan didukung, sebab salah satu program yang dicetuskan Wali Kota Depok merupakan proogam masa depan masyarakat dalam berusaha dengan hasil produk sendiri dan mandiri.

Kepala Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagin) Kota Depok Kania Parwati ditemui di ruang kerjanya, Selasa (3/12), mengatakan,  jika kios-kios sudah ditempati pelaku UMKM, harus dirawat dengan baik agar terlihat indah dan nyaman untuk yang menempatinya, terutama kepada konsumen. Dengan menempati kios-kios itu, maka otomatis Pendapatan Asli Daerah PAD ada peningkatan untuk Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

“Seluruh kios yang selama ini kondisinya kosong segera diisi oleh para pelaku UMKM, dengan berharap ditempati dan dipelihara dan dirawat, dengan sebaik mungkin,” kata Kania.

Salah seorang pelaku bisnis yang mendapatkan kios Dian Salzi mengatakan, sangat berterima kasih kepada dinas terkait yang membantu mendapatkan kios. “Kios yang ditempatkan untuk berjualan donat di Jalan Pekapuran, Kelurahan Curug, Depok, pengasilan tambahan saya lumayan meningkat,” katanya. (*)