Gedung Cyber 1

Kastara.ID, Jakarta – Kebakaran telah menghanguskan lantai dua Gedung Cyber, kawasan Kuningan Jakarta Selatan (2/12). Sebanyak 22 unit mobil dan 100 personel diterjunkan ke lokasi (TKP) untuk memadamkan api di lokasi kejadian.

Kebakaran Lantai 2 Gedung Cyber 1, Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, masih terus diselidiki polisi. Rencananya, hari ini polisi akan menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP).

“Saat ini TKP masih diamani saja, sebab sampai dengan malam hari (kemarin) ruangan masih berasap dan kabel-kabel kebakar,” ujar Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, AKBP Ridwan saat dihubungi, Jumat (3/12).

Ridwan juga menjelaskan, pihaknya sudah memeriksa sejumlah saksi terkait untuk dimintai keterangan perihal kebakaran yang menewaskan dua orang tersebut.

“Sudah, ada beberapa saksi yang sudah diperiksa. Kita telah mengambil langkah-langkah untuk melakukan kegiatan-kegiatan penyelidikan terkait hal tersebut (kebakaran Gedung Cyber 1),” kata Ridwan.

Lebih lanjut, Ridwan menegaskan pihaknya masih terus menginvestigasi kasus ini untuk mengetahui penyebab kebakaran tersebut. Tim Labfor pun rencananya akan turut serta dalam penyelidikan ini.

Diketahui lantai dua Gedung Cyber telah terbakar pada Kamis (2/12) siang kemarin. Gedung ini diketahui menyimpan sejumlah data server baik milik swasta maupun pemerintah (negara).

Kebakaran Gedung Cyber 1, Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan pada Kamis (2/12) mengakibatkan dua orang meninggal dunia. Diketahui, dua korban tersebut merupakan siswa dari SMK Taruna Bhakti, Depok.

Keduanya sedang melaksanakan praktik kerja lapangan (PKL) di Lantai 2 Gedung Cyber saat terjadinya peristiwa kebakaran.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menerangkan, kebakaran di lantai 2 Gedung Cyber 1, Kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, tidak berdampak pada data milik negara. Meskipun di Gedung Cyber tersebut memang menyimpan sejumlah data penting, baik milik perusahaan swasta atau pemerintah.

“Alhamdulillah di lantai 2 ini tidak ada data-data pemerintah. Memang di gedung ini ada (data negara), tapi alhamdulillah tidak ada yang terbakar,” kata Riza saat meninjau lokasi kebakaran semalam (2/12).

Riza menyebut, api yang membakar lantai 2 Gedung Cyber tergolong kecil, hanya asapnya saja yang luar biasa besar. Adapun sejumlah data server milik swasta yang terdampak akibat kebakaran tersebut telah ditangani.

“Alhamdulillah memang di lantai 2 yang terbakar ini tidak ada titik api yang luar biasa, namun asapnya saja yang luar biasa,” lanjutnya.

Lebih lanjut, politikus partai Gerindra itu kemudian menyampaikan duka cita yang mendalam terhadap dua orang yang menjadi korban meninggal dunia akibat kebakaran tersebut.

“Tentu, kami berduka cita atas meninggalnya dua orang di antaranya teknisi yang meninggal daripada kebakaran itu, kita turut berduka cita, semoga husnul khatimah,” pungkasnya. (hop)