Giliran Mobil Eropa Raih Japan Car of the Year 2017-2018

Japan Car of the Year

Kastara.id, Jakarta – Penghargaan bergengsi “Japan Car of the Year” biasanya diraih oleh mobil yang memang berasal dari Jepang. Namun untuk tahun 2017-2018, ternyata peraih penghargaan tersebut tak lagi diraih mobil asal Jepang.

Ya, beberapa waktu lalu ajang penghargaan Japan Car of the Year kembali digelar untuk memilih mobil terbaik Jepang tahun 2017-2018. Secara mengejutkan, seperti dilansir intersport, yang jadi pemenang di edisi kali ini justru bukanlah mobil Jepang, melainkan mobil Swedia yaitu Volvo XC60.

Secara total, crossover ini mendapatkan 294 poin mengungguli runner up yakni BMW 5-Series yang hanya mendapat 242 poin, Toyota Camry di posisi ketiga dengan 232 poin, serta Suzuki Swift dengan raihan 210 poin. Model lain yang menjadi finalis termasuk Alfa Romeo Giulia, Citroen C3, Mazda CX-5, dan Volkswagen Tiguan.

Berdasarkan penilaian dewan juri, Volvo XC60 layak mendapat poin tertinggi karena mobil ini memiliki keseimbangan antara kenyamanan, fungsionalitas, dan kenikmatan berkendara yang memang diharapkan dari sebuah SUV kontemporer. Hal lain yang jadi nilai tambah adalah Interior dan eksterior indah yang mencerminkan desain Skandinavia dan kualitasnya yang luar biasa, perangkat keselamatan yang tinggi, serta tersedianya pilihan powertrain, termasuk sistem plug-in hybrid.

Terpilihnya mobil non-Jepang sebagai pemenang Japan Car of the Year ini bukanlah yang pertama kali terjadi. Sebelumnya, Volkswagen Golf 7 asal Jerman juga pernah menyabet gelar yang sama pada tahun 2013-2014. (dwi)