Pemprov DKI Serahkan Bantuan Untuk Lombok Utara Dan Lombok Timur

Gempa Lombok

Kastara.ID, Mataram – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyerahkan bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Utara dan Pemkab Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) berkaitan dengan terjadinya bencana gempa bumi beberapa waktu lalu.

Bantuan diserahterimakan langsung secara simbolis oleh Anies kepada kepala daerah setempat di lokasi terdampak bencana di Desa Sigar Panjalin, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara.

Untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Utara diserahkan bantuan sebesar Rp 19,2 miliar yang akan digunakan untuk membangun 16 gedung sekolah mulai dari Taman Kanak-Kanak hingga Sekolah Menengah Pertama.

Sementara, untuk Pemkab Lombok Timur diberikan bantuan senilai Rp 10 miliar untuk membiayai pembangunan sanitasi lingkungan, rehabilitasi sarana pendidikan, dan normalisasi jaringan air bersih.⁣⁣

Baca Juga:  Inovasi ETLE dan IVRIT Makin Dekatkan Polisi dan Masyarakat

Pada saat yang sama juga diserahkan bantuan hasil penggalangan donasi Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov DKI Jakarta yang terkumpul senilai Rp 4,4 miliar dan akan dialokasikan untuk pembangunan gedung maupun fasilitas di SMP Negeri 2 Tanjung, Lombok Utara.

Tidak hanya itu, melalui Badan Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah (BAZIS) DKI Jakarta juga direalisasikan bantuan untuk membangun 25 hunian sementara serta fasilitas mandi, cuci, kakus (MCK) bagi warga di Desa Sigar Penjalin.

“Kita membantu saudara-saudari kita yang terkena bencana gempa. Insya Allah pembangunannya lancar agar cepat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Lombok,” ujarnya, dikutip dari akun facebook Anies Baswedan, Jumat (4/1).

“Insya Allah pembangunannya lancar agar cepat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Lombok,” imbuh Anies.

Baca Juga:  Pemprov DKI Serahkan 3.070 Kartu Pekerja Berpenghasilan UMP

Sementara, dihubungi melalui sambungan telepon, Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri (KDH dan KLN) Muhammad Mawardi menuturkan, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berangkat dari Jakarta pada Kamis (3/1) malam.

“Rencananya, beliau akan berada di sini hingga Sabtu besok,” tandasnya. (hop)