Kerukunan Beragama

Kastara.ID, Medan – Menteri Agama Fachrul Razi memuji Kerukunan Umat Beragama di Sumatera Utara yang indeksnya di atas rata-rata Kerukunan Beragama Nasional. Indeks kerukunan tersebut merupakan hasil survei Balitbang Diklat Kemenag yang dirilis Desember 2019.

Sumut menempati urutan kesepuluh dengan indeks kerukunan sebesar 76,3. Sementara indeks rata-rata nasional adalah 73,83 dengan kategori tinggi.

“Saya puji kalau Sumatera Utara ini kerukunan umat beragamanya di atas rata-rata nasional.
Tolong ini dijaga betul, sekali lagi dijaga betul. Karena dengan itu kita bisa hidup dengan damai,” harap Menag pada sambutan Senam Kerukunan yang digelar di Lapangan Asrama Haji Medan, Sabtu (4/1).

“Selaku Menag saya ucapkan terima kasih, karena kalau saya lihat catatan catatan luar biasa sekali. Teman-teman di medan ini, telah melaksanakan tugasnya dengan baik,” lanjutnya.

Dituturkan Menag, kerukunan umat beragama sudah menjadi ukuran dunia. Kalau negara tidak rukun, orang tidak mau datang dan juga tidak mau berinvestasi.

Selain melakukan Senam Kerukunan, Menag bersama ratusan ASN Kemenag dan tokoh masyarakat Sumut juga menyampaikan Deklarasi Anti Radikalisme. Kegiatan ini digelar dalam rangka peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke-74. Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan bazar. (put)