Varian Omicron

Kastara.ID, Jakarta – Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto mengatakan, hingga tanggal 3 Februari 2022, jumlah kasus aktif Covid-19 di luar Jawa-Bali mencapai 1.736 orang.

Berdasarkan, jumlah kasus harian tersebut sebanyak 1.727 kasus lantaran transmisi lokal. Sementara imported cases sebanyak sembilan kasus.

“Yang berarti 99,5 persen kasus di Luar Jawa Bali karena transmisi lokal,” tutur Airlangga dalam siaran pers resminya, Jakarta, Jumat (4/2).

Kasus aktif harian di luar Jawa-Bali sudah berkontribusi 6,4 persen dari total kasus harian nasional yang sebanyak 27.197 kasus.

Sekarang, jumlah kasus aktif untuk wilayah di Luar Jawa Bali sebanyak 6.801 kasus atau 5,9 persen dari total Kasus Aktif nasional yang mencapai 115.275 kasus.

Sedangkan jumlah kematian sebanyak 4 kasus atau 10,5 persen dari total kematian nasional yang sebanyak 38 kasus kematian.

Namun demikian, Menko Bidang Perekonomian ini menuturkan, proporsi kasus konfirmasi harian, kasus aktif, dan kematian, di luar Jawa Bali memang relatif masih rendah. Tetapi, tren kenaikan selama beberapa waktu terakhir ini sudah cukup tinggi.

“Hal ini patut menjadi perhatian kita semua, dan menjadi kewaspadaan kita. Segera menyiapkan langkah-langkah antisipasi,” tandasnya. (ant)