COVID-19

Kastara.ID, Jakarta – PT MRT Jakarta (Perseroda) melakukan pemeriksaan suhu tubuh bagi para penumpang kereta Ratangga di Stasiun Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (4/3). Satu per satu penumpang diperiksa menggunakan thermal scanner.

Corporate Secretary PT MRT Jakarta Muhammad Kamaluddin mengatakan, untuk sementara, pemeriksaan suhu tubuh baru dilakukan di Stasiun Lebak Bulus.

“Petugas kami menggunakan thermal scanner untuk memeriksa suhu tubuh penumpang dengan cara mendekatkan alat tersebut di dahi calon penumpang sebelum memasuki Stasiun Lebak Bulus,” ujarnya.

Setelah dievaluasi, PT MRT berencana melakukan kegiatan serupa di seluruh stasiun MRT Jakarta.

“Jika ada penumpang yang suhu tubuhnya di atas 38,5 derajat celcius, kami sarankan untuk mendatangi klinik terdekat dan tidak diperkenankan naik MRT,” katanya.

Ditambahkan Kamaluddin, tindakan ini sebagai salah satu langkah preventif PT MRT untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 di Jakarta. Upaya lainnya yakni dengan menyediakan hand sanitizer atau cairan pembersih tangan di setiap stasiun MRT Jakarta.

“Setiap hari kereta Ratangga dan stasiun juga dibersihkan dengan cairan disinfektan, jadi penumpang tidak perlu khawatir yang berlebihan,” tandasnya.