Kastara.ID, Depok – Kontes Aroid Nasional tanaman hias dibuka Wali Kota Depok Mohammad Idris di Gedongijo, Jalan Raya Bojongsari KM 10, Ahad (4/10). Lomba ini diikuti 400 tanaman hias berbagai jenis yang ada di Indonesia dengan hadiah totalnya sebesar 200 juta.

Hadir Camat Bojongsari Dede Hidayat, Danramil Sawangan Kapten Arm Erwin Saputra, serta jajaran dan tokoh masyarakat sekitar.

Ketua penyelenggara Agustinus mengatakan, acara kontes ini merupakan upaya Asosiasi Tanaman Hias Nasional dengan harapan memperkenalkan kepada para pedagang atau penggemar tanaman hias terutama UMKM yang fokus dan berkecimpung dalam penjualan tanaman hias, khususnya di daerah Depok.

Kontes tanaman hias ini merupakan sarana informasi dan edukasi kepada masyarakat luas seperti penjual, pembeli, maupun mediator tanaman hias dalam skala nasional maupun internasional.

“Peserta tanaman hias ada yang dari Manado, Bali, bahkan Lampung datang dalam kontes tanaman hias ini,” kata Agustinus.

Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, kontes tanaman hias ini merupakan program dari pemerintah mengingat sekarang kondisi pandemi terutama UMKM harus mandiri berdaya dengan adanya tanaman hias mereka bisa menjual berbagai tanaman hias kepada pembeli di sini, terutama pencinta tanaman hias. Sehingga akan terjadi simbiosis mutualisma, saling menguntungkan sesama mereka.

“Manusia yang produktif yaitu manusia yang berbudaya, sejahtera, nantinya kita akan memberdayakan SDM-SDM yang usia produktif dan menjadikan warga masyarakat yang berbudaya dan berketahanan keluarga terutama masalah-masalah ekonomi,” kata Idris singkat.

Kontes tanaman hias ini salah satu bentuk peningkatan perekonomian khususnya di Kota Depok sehingga laju perekonomian kita semangkin bagus, serta mengurangi pengangguran. (*)