Kazan Forum 2023

Kastara.ID, Jakarta – Pada tanggal 18-21 Mei, wakil 72 negara akan berkumpul di titik berkembangnya budaya Islam yang paling utara, yaitu Republik Tatarstan, Rusia. Di sana Forum Ekonomi Internasional “Rusia – Dunia Islam: Kazan Forum 2023” akan digelar.

Program Forum tersebut terkait dengan sejarah perkembangan Islam di dunia dan khususnya di Rusia. Para tamu Forum ini akan melihat kota-kota Tatar kuno, artefak agama Islam, Al-Qur’an terbesar di dunia, dan relik suci milik Nabi Muhammad.

Rusia modern memiliki jumlah penduduk beragama Islam yang terbesar di Eropa, yaitu lebih dari 20 juta orang, dan mayoritasnya berasal dari Republik Tatarstan. Republik Tatarstan adalah wilayah yang unik, dan budayanya berkembang sesuai dengan dua peradaban besar: peradaban Timur dan Barat. Di sana diperoleh dan dilestarikan keanekaragaman, tradisi yang luar biasa, dan identitas masyarakat dari wilayah Volga.

Para tamu Kazan Forum ini akan belajar tentang asal-usul agama Islam tradisional di Rusia. Dalam rangka program budaya Kazan Forum yang diadakan pada tanggal 21 Mei akan diperingati hari Изге Болгар жыены, dan tamu Forum ini akan bertamasya ke kota kuno Bolgar yang disebut juga sebagai Makkah Utara. Pada tahun 922 agama Islam tiba ke negara kuno Bulgaria Volga yang saat ini berada di wilayah Republik Tatarstan modern. Hari Raya tradisional ini dirayakan pada bulan Mei dan menarik perhatian ribuan orang muslim dari Rusia dan dari luar negeri. Pada tahun ini pameran Artefak 11 Peninggalan Bersejarah Milik Nabi Muhammad menjadi ciri khas Hari Raya Изге Болгар жыены. Pameran ini akan diadakan pada tanggal 21 Mei.

Peserta Kazan Forum akan melihat arsitektur kota kuno Bolgar, misalnya Masjid Katedral “Cathedral Mosque”, Mausoleum Timur dan Mausoleum Utara, Istana Khan, permandian Khan dan permakaman Khan, Menara Kecil “Small Minaret”, Kamar Hitam “The Black Chamber” dan Kamar Putih “The White Chamber”, dan juga akan mengunjungi Museum Islam, yang menyimpan Al-Qur’an versi cetak terbesar di dunia. Al-Qur’an berukuran 1.5 x 2 meter  dan beratnya 800 kilogram. Penutupnya terbuat dari perunggu dengan logam mulia dan batu permata. Kompleks sejarah dan arkeologi Bulgaria termasuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

Kota Kazan yang merupakan tempat penyelenggaraan Kazan Forum melestarikan pusaka dan tradisi unik. Pada tahun 2022 Organisasi Kerjasama Islam (OKI) memberi gelar Ibukota Pemuda Dunia Islam kepada kota Kazan. Di sana peserta dan tamu Kazan Forum dapat melihat dan mengunjungi cagar budaya Kremlin Kazan. Kremlin Kazan adalah satu-satunya benteng dari batu putih di Tatarstan yang dipelihara di Rusia sampai kini dan merupakan pusat budaya Islam yang paling Utara di dunia. Objek-objek di wilayah Kremlin tersebut dibangun sejak abad ke-10 dan juga termasuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

Di antara bangunan Kremlin ada Masjid Kul-Sharif, yaitu salah satu masjid terbesar di Rusia dan Eropa dan Gereja Katedral Republik Tatarstan. Gereja Katedral tersebut dibangun oleh arsitek sama yang membangun Gereja Katedral Utama di Moskow pada abad ke-16. Selain itu, di Kremlin ada menara Syuyumbike yang terkenal dan merupakan salah satu dari 10 menara miring paling terkenal di dunia, dan makaman kuno para Khan. Di sanalah juga berada kediaman Rais Tatarstan.

Pada sore hari, pertunjukan cahaya yang luar biasa akan diselenggarakan di Kremlin Kazan. Pada dinding bentengnya akan ditampilkan sketsa sejarah, simbol, dan atribut Islam tradisional yang lazim pada masyarakat Tatarstan.

Dalam rangka program budaya, para tamu KazanForum juga akan berwisata ke Kota Pulau Sviyazhsk, yaitu ciri khas sejarah dan budaya Republik Tatarstan. Di sana dilestarikan sampai kini beberapa bangunan unik masa Abad Pertengahan, misalnya Biara Uspensko-Bogoroditsky dan Biara Ionno-Predtechensky dengan gereja tertua di seluruh Tatarstan. Koeksistensi damai penganut berbagai agama selama berabad-abad dan pelestarian tradisi Islam suci adalah salah satu ciri perkembangan budaya Republik Tatarstan dan Rusia secara keseluruhan. Para tamu Forum tersebut juga bisa merasakan fitur ini dalam pertunjukan teater, film, dan pameran yang akan diadakan sebagai bagian dari Kazan Forum 2023 di Kazan.

Menurut penyelenggara Forum dari pemerintahan Tatarstan, tugas penting acara budaya Forum ini adalah “mencerminkan sejarah orang Tatar dan masyarakat Muslim dari Rusia, serta sejarah dialog antaragama.” (dwi)