Formula E

Kastara.ID, Jakarta – Seri 8 Formula E 2022 atau Jakarta E-Prix akan berlangsung di Jakarta International Eprix Circuit (JIEC) Ancol pada Sabtu, 4 Juni 2022.

Jakarta E-Prix 2022 bakal diikuti 11 tim dengan 22 pembalap yang berkompetisi menjadi terbaik.

Kesebelas tim peserta Formula E ini berasal dari berbagai negara seperti Jerman, Inggris, Prancis, Monako, Amerika Serikat, India, hingga Cina.

Pada hari ini, para tim pembalap dalam ajang ini melakukan pengecekan teknis balapan ke lokasi.

Pembalap Formula E dari tim Mercedes, Stoffel Vandoorne mengatakan, ajang ini merupakan balapan pertamanya di Jakarta dengan cuaca yang sangat panas dan lembab.

Balapan di sirkuit ini dinilai akan sulit, sehingga timnya akan memperhatikan keamanan pada ban mobil dan baterai.

“Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di lapangan. Apakah cuaca akan sangat panas atau ada hujan. Apapun yang terjadi kita tidak bisa memastikan. Pastinya saya sangat senang berada di sini,” ungkap Stoffel saat menghadiri Konferensi Pers di Ancol (3/6).

Hal senada juga disampaikan Pembalap Formula E dari tim Jaguar TCS Racing, Mitch Evans. Ia menyatakan, performa dari kendaraan yang digunakan harus dalam kondisi prima menyesuaikan cuaca dan trek.

Meski sudah kerap berkunjung ke Asia, kedatangannya kali ini untuk berkompetisi dalam balapan Formula E yang sangat prestisius. Dalam ajang ini, meminimalisasi kesalahan merupakan kunci mendapat poin dan memenangkan kejuaraan.

“Persiapan seperti biasanya saja. Tapi kita juga mengetahui bahwa apa yang perlu dalam cuaca seperti ini adalah performa mobil dan cara menyesuaikannya dengan kondisi trek dan tentunya kita juga perlu banyak latihan,” katanya.

Sementara Pembalap Formula E dari tim Envision Racing, Nick Cassidy mengaku merasa nyaman dengan kondisi mobil dan timnya saat ini. Walaupun berbagai persiapan perlu dimatangkan untuk menghadapi balapan besok.

“Yang paling penting dalam balapan ada persiapan matang. Karena dengan begitu, kita akan menyelesaikan trek dengan baik. Salah satu hal yang saya yakini kami akan bisa lebih banyak memberikan performa lebih baik,” tandas Cassidy.

Perlu diketahui, Formula E merupakan kejuaraan otomotif pertama di dunia yang menggunakan kendaraan bebas karbon, di mana para pembalap akan mengadu kecepatan mobil listrik.

Hal ini selaras dengan prinsipnya, sustainability. Formula E ingin menunjukkan bagaimana prinsip tersebut bisa mendorong masa depan yang lebih baik dan bersih melalui penggunaan EV.

Adapun Formula E di Jakarta atau Jakarta E-Prix 2022 juga merupakan salah satu contoh implementasi dari prinsip sustainability itu.

Bagi Indonesia, ini bakal menjadi pertama kalinya green sportainment digelar dan bisa menjadi benchmark penyelenggaraan green sportainment event di Indonesia.

Jakarta E-Prix akan digelar pada Sabtu, 4 Juni 2022 di Ancol, Jakarta Utara. Siapa pun yang sudah memiliki tiket, silakan tukarkan atau me-redeem tiket ke lokasi yang sudah disiapkan oleh penyelenggara.

Untuk lebih jelas perihal penukaran tiket ini, silakan kunjungi Jakarta E-Prix Official Ticketing Website cs@goersapp.com atau www.jakartaeprixofficial.com. (hop)