Jakarta E-Prix

Kastara.ID, Jakarta – Maximilian ‘Max’ Gunther dari tim Maserati MSG Racing berhasil menjadi juara seri ke-11 E-Prix 2023.

Dalam balapan yang berlangsung di AGI Jakarta International E-Prix Circiut (JIEC), Ancol, Jakarta Utara, Ahad (4/6), Max berhasil menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 44:57:285.

Max Gunther memastikan posisi terdepan dalam balapan tersebut setelah terlibat balapan dramatis dengan pembalap Jake Dennis dari tim Avalanche Andretti dan pembalap Mitch Evans dari tim Jaguar TCS Racing yang finish di posisi kedua dan ketiga.

Jake Dennis Max yang bertarung untuk tim Avalanche Andretti berada di posisi kedua dengan selisih waktu 2,822 detik dari Max. Sedangkan pebalap asal Selandia Baru, Mitch Evans dari tim Jaguar TCS Racing berada di posisi ketiga dengan selisih 18,498 detik dari Max.

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono merasa senang karena pembalap yang dijagokannya, Maxximilian Gunther dan Jake Dennis berhasil menjadi juara pertama dan kedua.

“Selamat untuk para pemenang. Saya jagokan yang menang tadi, tim warna biru Maxximilian Gunther dan tim warna merah Jake Dennis,” ungkapnya.

Heru mengatakan, Jakarta E-Prix 2023 telah berhasil mempromosikan DKI Jakarta sebagai kota yang mendukung ekosistem kendaraan listrik ramah lingkungan.

“Saya apresiasi perhelatan Formula E di Ancol hari ini berjalan dengan baik hingga balapan berakhir. Ajang Jakarta E-Prix ini bagus, tidak hanya untuk mendukung pergerakan ekonomi, terutama di sektor UMKM, tetapi juga telah mempromosikan Jakarta sebagai kota yang mendukung kendaraan listrik yang ramah lingkungan,” ujarnya.

Heru berharap, ajang Formula E di tahun mendatang dapat diselenggarakan lebih baik lagi dari tahun ini. “Saya harap waktu persiapan pelaksanaan Formula E bisa lebih diperpanjang. Sehingga penyelenggaraan ajang balapan listrik ini bisa lebih baik lagi,” terangnya.

Sementara Juara 1 seri ke-11 E-Prix 2023, Max Gunther, merasa cukup percaya diri melewati musim ini untuk mendapatkan podium pada balapan hari ini dan berikutnya.

“Selama ini balapan telah berjalan dengan baik, memilih waktu yang pas untuk mengambil momentum menyerang dan dengan itu saya percaya ke depan ini bisa berjalan dengan lancar,” tandasnya.

Jalannya balapan Jakarta E-Prix 2023 seri kedua hari ini turut disaksikan langsung oleh mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali; Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia Bambang Soesatyo; dan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Joko Agus Setyono. (hop)