DKI Jakarta

Kastara.ID, Jakarta – Deputi Gubernur Bidang Pengendalian Kependudukan dan Permukiman Provinsi DKI Jakarta, Suharti Sutar meninjau posko Rescue Oxygen di kawasan Lenggang Jakarta Monas, Jakarta Pusat, Ahad (4/7).

Peninjauan dilakukan untuk memastikan kesiapan armada dan petugas dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di Posko Rescue Oxygen Pemprov DKI Jakarta yang mulai beroperasi.

Posko Rescue Oxygen didirikan atas kolaborasi dengan sejumlah OPD Pemprov DKI Jakarta di antaranya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Bina Marga, Dinas Sumber Daya Air dan Dinas Perhubungan untuk membantu penyediaan tabung oksigen untuk rumah sakit pemerintah dan swasta khusus COVID-19.

Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Dinkes DKI Jakarta, Purwadi mengatakan, Posko Rescue Oxygen mulai beroperasi membantu pengisian tabung oksigen untuk pemenuhan kebutuhan rumah sakit pemerintah dan swasta di ibukota.

“Kami (Pemprov) DKI Jakarta mendapat donasi dari CSR PT Krakatau Steel di Cilegon untuk pengisian sebanyak 254 tabung oksigen secara gratis yang akan didistribusikan ke rumah sakit pemerintah dan swasta se-Jakarta setiap hari,” ujar Purwadi, Ahad (4/7).

Menurutnya, satu rumah sakit mendapat jatah pengisian gratis sebanyak 10 tabung oksigen ukuran besar.

Ia menjelaskan, mekanisme penyaluran bantuan yakni rumah sakit mengantarkan sebanyak 10 tabung oksigen kosong ke posko untuk dibawa oleh armada truk dan petugas Pemprov DKI Jakarta ke tempat pengisian di kawasan Cilegon.

“Tabung oksigen yang telah diisi dibawa kembali pulang. Pihak rumah sakit mengambil kembali di posko Monas. Diperkirakan dibutuhkan waktu lima jam untuk satu kali proses pengiriman puluhan hingga ratusan tabung oksigen dari Monas ke Cilegon hingga kembali lagi ke posko,” jelasnya.

Ia menambahkan, sesuai arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, seluruh OPD diinstruksikan bergerak dalam rangka penanganan COVID-19 di ibukota.

“Posko Rescue Oxygen di Monas dibuka selama berlangsungnya penanganan COVID-19 di ibukota. Insya Allah dengan adanya bantuan CSR dari PT Krakatau Steel dapat membantu mengurai kepadatan di tempat pengisian oksigen di kawasan Pulogadung,” tandasnya. (hop)