Kastara.id, Jakarta – Aktor legendaris asal Hongkong Jackie chan akan menerima penghargaan spesial (Honorary Awards) dari pihak Academy di acara Oscar 2017 mendatang. Hal tersebut diumumkan dalam situs resmi Academy beberapa waktu yang lalu.

Pemilihan tersebut dilakukan oleh sebuah dewan yang disebut  The Board of Governors. Chan terpilih karena dedikasinya terhadap akting yang melibatkan keahlian stunt dan akriobatiknya, serta kharismanya sebagai aktor bela diri di layar lebar.

Sepak terjang Chan sudah lama dikenal oleh masyarakat Asia dan kemudian lebih dikenal luas lagi oleh publik dunia setelah muncul dalam berbagai film Hollywood seperti Rush Hour, Shanghai Noon, Shanghai Knights, Around the World in 80 Days, The Karate Kid dan Kung Fu Panda. Selain Chan, sineas lain yang juga akan menerima penghargaan yang sama adalah editor Anne Coats (Lawrence of Arabia, The Elephant Man), casting director Lynn Stalmaster (Tootsie, Gunsmoke), dan sutradara Frederick Wiseman (In Jackson Heights).

 

Jackie Chan yang juga dikenal dengan nama Chéng Lóng, lahir dengan nama Chén Gǎngshēng di Victoria Peak, Hong Kong, 7 April 1954. Chan adalah seorang aktor, sutradara, stuntman, produser, praktisi bela diri, aktor komedi, penulis naskah layar lebar, dan penyanyi dari Hong Kong. Ia adalah salah satu tokoh yang terkenal dalam seni bela diri kung fu dari Cina dan aktor layar lebar dunia yang terkenal dengan aksi pertarungan akrobatiknya, ahli penggunaan berbagai macam alat yang ditemui di sekitarnya sebagai senjata, dan aktor laga yang memiliki banyak inovasi. Ia telah mendalami seni peran sejak tahun 1970-an, dan sudah tampil tak kurang dalam 100 film, serta pernah menerima penghargaan di Hong Kong Avenue of Stars dan di Hollywood Walk of Fame.

Sebagai seorang ikon kebudayaan, ia telah direferensikan dalam berbagai lagu-lagu pop, kartun dan permainan video. Selain berakting, dia adalah seorang bintang yang menekuni bidang tarik suara dan sudah menerbitkan tidak kurang dari 20 album sejak tahun 1984. Ia juga kerap menyanyikan banyak musik tema dari film-film yang diperaninya. (kent)