Tol Solo-Ngawi

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan pembeli dua ruas jalan tol milik PT Waskita Karya. Basuki menyebut perusahaan asal Hongkong, King T Limited, telah sepakat membeli kedua ruas jalan tol tersebut. Basuki menjelaskan, dirinya sudah mendapat laporan dari Kepala Badang Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit.

Saat berbicara di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (1/10), Basuki menambahkan, Danang sempat bertemu dengan dengan pihak Kings T Limited dalam King Expo Conditional Sales dan Purchase Agreement guna membahas konsesi jalan tol. Basuki menyebut hal ini sebagai kabar baik yang akan membantu memperkuat PT Waskita Karya.

Sebelumnya Direktur Keuangan PT Waskita Karya Haris Gunawan menyampaikan bahwa proses penjualan dua ruas jalan tol sudah rampung pada 30 September 2019. Dua ruas yang dimaksud adalah Tol Solo-Ngawi dan Tol Ngawi-Kertosono. Penjualan dilakukan dengan cara divestasi saham.

Haris menjelaskan, sebelumnya di kedua jalan tol tersebut PT Waskita Karya memiliki konsesi saham sebesar 40 persen. Saham tersebut sudah dijual semuanya dan menyebabkan perusahaan karya plat merah itu mendapat suntikan dana sebesar Rp 1,7 triliun.

Haris menambahkan, pihaknya juga berencana menjual konsesi lima ruas jalan tol lainnya. Ditargetkan pada Desember 2019 proses pelepasan saham sudah usai dilaksanakan. Tiga ruas dari tujuh ruas tol tersebut saat ini sudah memasuki tahap due deligen atau uji tuntas. Sedangkan dua lainnya menurut Haris sudah mendapatkan peminat. (mar)