Cilincing

Kastara.ID, Jakarta – 100 personel gabungan dari Kecamatan Cilincing, Suku Dinas Gulkarmat, Suku Dinas LH, Suku Dinas SDA Jakarta Utara, PPSU Kelurahan Semper Timur dan Semper Barat melakukan kegiatan Gerebek Lumpur di Jalan Akses Marunda dan Jalan Raya Cakung Cilincing.

Camat Cilincing Muhammad Andri mengatakan, aksi Gerebek Lumpur kali ini difokuskan untuk mengatasi genangan yang kerap terjadi di Jalan Akses Marunda dan gorong-gorong di Jalan Raya Cakung Cilincing.

“Kita coba angkat lumpur dan lihat kondisi eksisting salurannya. Kalau memang ada yang perlu dibenahi akan ditindaklanjuti,” ujarnya, Ahad (4/10).

Andri melanjutkan, saluran di Jalan Akses Marunda memiliki lebar sekitar satu meter dengan kedalaman lebih dari 80 sentimeter. Pengerukan sedimentasi lumpur dan sampah di lokasi dikerjakan sepanjang 100 meter dengan satu alat berat excavator.

Sedangkan gorong-gorong di Jalan Raya Cakung Cilincing merupakan crossing yang menghubungkan Kali KBN, Progo dan Kali Gubug Genteng ke Kali Sepatan. Kegiatan pembersihan gorong-gorong saluran selebar dua meter ini sendiri sebagai upaya memperlancar aliran air.

“Dampaknya mengantisipasi genangan di Jalan Raya Cakung Cilincing sekitar KBN dan sejumlah RW di Semper Barat serta Sukapura,” tandasnya. (hop)