MotoGP

Kastara.ID, Jakarta – Sirkuit balap jalan raya yang sedang dibangun di Mandalika, Lombok Tengah, untuk MotoGP saat ini belum selesai. Ditargetkan rampung pada pertengahan tahun depan atau Juli 2021 yang akan datang.

Indonesia telah dijadwalkan menjadi salah satu penyelenggara MotoGP mulai tahun depan, dengan sirkuit baru di Mandalika, NTB.

CNN Indonesia mengabarkan bahwa Chief Strategic and Communication Officer MGPA, Happy Harinto menerangkan bahwa secara keseluruhan pengerjaan konstruksi sirkuit sejauh ini sudah hampir mencapai 50 persen.

Pekerjaan konstruksi meliputi pembuatan drainase, pekerjaan tanah hingga pengaspalan lintasan.

“Konstruksi mudah-mudahan di Juli (2021) sudah rampung,” ujar Harinto sebagaimana dilansir CNN Indonesia.

Karena itu, Sirkuit Mandalika sekarang menjadi tidak memungkinkan untuk menggelar sesi tes pramusim untuk kejuaraan tahun 2021, karena belum siap sebelum laga dilangsungkan.

 

Tes Pra-musim biasa berlangsung paling lambat Februari-Maret menjelang musim dimulai.

Meski demikian, pihak MotoGP Indonesia menegaskan, setiap pembalap akan menjajal lintasan lebih dulu sebelum dipakai untuk balapan, termasuk proses homologasi yang disyaratkan oleh Federation Internationale de Motocyclisme (FIM).

“Pretesting enggak mungkin karena (pekerjaan) belum selesai. Tapi untuk uji coba itu pasti sekitar bulan Juni-Juli 2021,” paparnya.

Selain Indonesia, tahun depan MotoGP juga akan berlangsung di sirkuit baru lainnya, Kymi Ring di Finlandia.

Dan tahun ini MotoGP juga mencicipi lintasan baru Portimao dengan status Portugal sebagai seri cadangan. (tra)