Kastara.ID, Tokyo — Honda Racing Corporation (HRC) akhirnya memberikan keterangan resmi sekaligus mengumumkan bahwa pembalap Spanyol, Marc Marquez, akan keluar dari tim Repsol Honda di akhir musim 2023 ini.

Ya, Marquez dan HRC sudah sepakat untuk mengakhiri kerja sama mereka setahun lebih awal dari kontrak semula.

Hal ini diumumkan langsung secara resmi oleh Honda lewat laman resmi HRC.

“Dengan sisa satu tahun dalam kontrak empat musim antara HRC dan Marc Marquez, kedua belah pihak sepakat untuk mengakhiri kerja sama mereka setelah selesainya musim Grand Prix MotoGP 2023.

Kedua belah pihak sepakat bahwa demi kepentingan terbaik mereka, masing-masing pihak akan mencari cara lain di masa depan untuk mencapai tujuan dan target mereka masing-masing.

Hal ini mengakhiri 11 tahun kolaborasi antara #93 dan HRC di mana mereka meraih enam Kejuaraan Dunia kelas premier, lima Triple Crown, 59 kemenangan, 101 podium dan 64 pole position secara bersamaan.

Marquez meraih kemenangan debutnya di kelas utama dengan mengendarai Honda RC213V di Grand Prix Amerika di Austin, Texas, pada tahun 2013 untuk menjadi pemenang kelas utama termuda dan menjadi juara dunia kelas utama termuda di akhir tahun itu.

Pada tahun 2014 ia mempertahankan gelarnya dan memenangkan 10 balapan pembuka berturut-turut tahun ini, dan juga mengklaim gelar pada tahun 2016, 2017, 2018, dan 2019 sebagai pebalap HRC bersama Tim Repsol Honda.

Kedua belah pihak akan tetap memberikan dukungan penuhnya di sisa seri Grand Prix MotoGP musim 2023.

HRC mendoakan yang terbaik bagi Marc Marquez di masa depan,” demikian pengumuman resmi yang dirilis laman HRC.

“TERIMA KASIH atas perjalanan yang luar biasa ini! 11 tahun bersama. Kami berbagi momen tak terlupakan: 6 gelar juara dunia, 5 Triple Crown, 59 kemenangan, 101 podium, dan 64 pole.

Kerja keras, tekad, dan ikatan yang telah kami bangun selama bertahun-tahun.

Tertawa, menangis, gembira, saat-saat sulit, tapi yang terpenting: hubungan yang unik dan tidak dapat diulang.

TERPISAH, TAPI SELALU BERSAMA!,” cuit Marquez lewat Twitter.

Marquez diperkirakan akan bergabung dengan tim satelit asal Italia, Gresini Racing. (tra)