Salah satunya dengan menghadirkan kembali program PTSP Goes to Mall di sejumlah pusat perbelanjaan di Jakarta.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra mengungkapkan, selain mendekatkan layanan kepada masyarakat, hadirnya PTSP Goes to Mall sekaligus menjawab tantangan dalam memberikan pelayanan publik yang prima.

Benni menilai, PTSP Goes to Mall merupakan salah satu upaya Dinas PMPTSP DKI Jakarta untuk mendekatkan pelayanan kepada warga Jakarta khususnya pengunjung mal, sekaligus menjadi solusi bagi warga Jakarta yang sibuk atau tidak memiliki waktu luang.

“Sehingga mereka terkadang sulit untuk datang ke kantor service point UP PMPTSP untuk berkonsultasi maupun mengurus perizinan/ nonperizinan,” ujar Benni, Sabtu (4/11).

Benni mengatakan, pelayanan publik yang prima merupakan Kebutuhan Dasar dan Hak Sipil setiap Warga Negara yang harus dipenuhi oleh setiap penyelenggara pelayanan publik, sebagaimana amanat Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Untuk itu, pihaknya senantiasa menghadirkan inovasi yang memudahkan dan mendekatkan layanan kepada masyarakat secara cepat, mudah, terjangkau, serta aman dan nyaman.

“Pelayanan publik itu harus berdampak dan dirasakan langsung oleh masyarakat serta birokrasi dalam penyelenggaraan pelayanan publik harus lincah dan cepat,” kata Benni.

Menurut Benni, ASN sebagai mesin utama birokrasi perlu memiliki digital mindset dalam menjalankan transformasi birokrasi dan Manajemen ASN. Hal ini terkait dengan perubahan pola kerja tatanan baru yakni pekerjaan birokrasi sudah beralih ke digital based dan struktur organisasi juga bertransformasi dari hierarki menjadi koordinasi.

“Program PTSP Goes to Mall juga sebagai sarana edukasi kepada publik dalam memberikan pendampingan, di mana saat ini pengurusan perizinan/nonperizinan sudah sepenuhnya dilakukan secara online atau digital sehingga dirasa perlu untuk mensosialisasikan dan memberikan penyuluhan secara langsung kepada masyarakat,” urainya.

Lebih lanjut Benni berharap, kegiatan PTSP Goes to Mall dapat membuka kembali ruang- ruang kolaborasi dan sinergitas antar lembaga, baik di dalam maupun di luar birokrasi pemerintahan seperti sektor swasta (private sector) dan masyarakat sipil (civil society).

“Dengan begitu, akan lebih banyak lagi inovasi-inovasi yang lahir sehingga dapat meningkatkan kualitas layanan publik di Jakarta,” pungkas Benni.

Berikut jadwal PTSP Goes to Mall yang akan berlangsung bulan November 2023:

1. Senayan City, Jakarta Pusat – Tanggal 3 sampai November 2023.

2. AEON Mall Tanjung Barat, Jakarta Selatan – Tanggal 10 sampai 12 November 2023.

3. AEON Mall Jakarta Garden City, Jakarta Timur – Tanggal 17 sampai 19 November 2023.

4. Summarecon Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara – Tanggal 24 sampai 26 November 2023. (hop)