Tunarungu

Kastara.ID, Jakarta – Warganet dikejutkan dengan beredar video yang memperlihatkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sedang berbicara menggunakan bahasa isyarat. Video tersebut menjadi semakin menarik lantaran beredar di tengah ramainya sorotan soal tindakan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma memaksa penyandang disabilitas rungu berbicara.

Video tersebut diunggah oleh akun twitter @KaraKenangan (3/12). Pada unggahan tersebut pemilik akun menyatakan tayangan tersebut adalah video lama. Video berdurasi 57 detik itu menampilkan Anies menggunakan jas dan peci hitam. Pada teks yang tertera diketahui Anies sedang mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri.

Dalam keterangan lain di video tersebut dituliskan, “Bahasa Isyarat ala Anies Baswedan, menghormati kaum difabel di momen Lebaran tahun lalu.”

Pemilik akun pun memberikan komentar “Video lama Pak Anies saat berbicara dalam bahasa isyarat. Jika ucapan dengan lisan sudah biasa maka ini ucapan eksklusif dari beliau dalam bahasa isyarat kepada warga Jakarta terkhusus penyandang difabel.”

Selain video tersebut, beredar pula tayangan lain yang memperlihatkan mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu berbicara dalam bahasa isyarat.  Kali ini video diunggah oleh pemilik akun @Andinda_Zahrany1 (3/12).

Dalam video berdurasi 15 detik itu terlihat Anies yang mengenakan pakaian dinas Pemprov DKI Jakarta berbicara dengan seorang penyandang disabilitas rungu. Anies terlihat lancar menggunakan isyarat tangan yang dibalas oleh lawan bicaranya yang mengenakan kaos hitam. Pada video tersebut terdapat keterangan, “Peluncuran Layanan Digital Ramah Disabilitas.”

Pemilik akun memberikan komentar, “Wuar biasa. Begitulah seharusnya menghargai sesama bukan malah memaksa. Anies Baswedan Presiden 2024.”

Kedua video tersebut disukai banyak warganet. Video pertama mendapat 1.183 like dan 340 retweet. Sedangkan video hasil retweet akun @Mdy_Asmara1701 memperoleh 2.487 like dan di-retweet oleh 490 orang. Sedangkan video kedua mendapat 1.332 like dan 314 retweet.

Pemilik akun @yulianisma menuliskan, “Masya Allah…dgn muka jernih dan senyum ramah..beliau menyampaikan kata2 indah bermakna utk sdr2 kt disabilitas..pak Anis menghargai&menghormati mereka..salam hormat kami untuk pak Anis Baswedan.”

Akun milik @DandungQ menuliskan, “Barokalloh. pemimpin yg luwes & rendah hati menyesuaikan dgn sebagian rakyatnya meski minoritas….bukan memaksa rakyat utk menyesuaikan dgn dia.”

Ada pula warganet yang menghubungkan video tersebut dengan tindakan Mensos Risma. Pemilik akun @rahmachan berkomentar, “Risma kudu belajar nih sama pak Anis bagaimana cara menghargai dan menghormati.”

Akun milik @IthoSablenk menuliskan, “Sumpah demi Allah ini calon presiden indonesia yg sebenarnya, menghargai, mengayomi, merangkul dan menyayangi orang tanpa pandang bulu dan tidak menyinggung perasaan. Semiga Allah SWT memudahkan, dan meridhoi bpk Anies Baswedan memimpin rakyat dan bangsa Indonesia.”

Pemilik akun @ sangbima menuliskan, “Kita punya kebutuhan, mereka juga punya kebutuhan. Hanya kebutuhannya saja yg berbeda. Salut pada pemerintah yg mau menyiapkan kebutuhan mereka di area2 publik seperti ini. Semoga @DKIJakarta bisa menambah lagi di berbagai tempat.” (hop)