Gunung Semeru

Kastar.ID, Jakarta – Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur (Jatim), erupsi pada Sabtu (4/12). Kabar tersebut diketahui melalui video yang beredar di media sosial (medsos). Dalam video tersebut tampak Gunung Semeru meletus dahsyat dengan memuntahkan abu hingga ketinggian ribuan meter.

Dalam video tersebut tampak sejumlah warga berlarian menyelamatkan diri. Lingkungan sekitar terlihat gelap disertai hujan abu yang cukup tebal. Terdengar pula pembuat video meneriakkan, “Allahuakbar, Astagafirullah, ya Allah.”

Akun twitter milik @Yoeni Achyar menuliskan, “Mohon doanya. Tepat jam 3 sore. Hari ini…Gunung Semeru d Lumajang.”

Koordinator Mitigasi Gunungapi Pusat Vulkanologi, dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kristianto menuturkan Gunung Semeru meletus pada pukul 15.00 WIB. Sebelumnya pada pukul 13.30 WIB, gunung tertinggi di Jawa itu sempat mengeluarkan lahar.

Kristianto menambahkan, gunung dengan tinggi 3.676 meter yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang itu terpantau meluncurkan guguran awan panas mengarah ke Besuk Kobokan, Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jatim. (ant)