Kastara.ID, Roma — Pembalap Spanyol, Marc Marquez, telag menandatangani kontrak berdurasi satu musim dengan tim satelit Gresini Racing.

Ini menjadi pilihan terbaik bagi Marquez, bahkan dia telah menolak kontrak dua tahun yang ditawarkan oleh tim satelit Pramac Racing.

Marquez ingin menyelaraskan kontraknya dengan mayoritas pembalap lain agar mendapat peluang lebih besar pindah ke tim pabrikan.

Kebanyakan pembalap akan habis masa kontraknya di akhir 2024 dan ini menjadi peluang besar bagi Marquez melihat ke tim pabrikan.

“(Pada tahun 2023) pasar berakhir sangat terlambat,” ungkap pengamat MotoGP Alberto Vergani kepada GPOne.com yang dilansir Crash.net.

“Tapi pada tahun 2024, saya khawatir mereka (pasar transfer) akan ingin bertarung lebih awal, dan saya tidak akan terkejut jika mereka melakukannya. Marc akan menjadi landasan segalanya. Dia bisa pergi ke KTM, kembali ke Honda, bertahan bersama Ducati. Menurut pendapat saya, inilah skenarionya,” jelasnya.

“KTM akan melakukan segalanya untuk memiliki tim lain. Ada berbagai tim yang bisa menawarkan diri, seperti VR46 atau Cecchinello (LCR). Karena Marc akan habis masa kontraknya, mereka mungkin bertaruh besar padanya,” imbuh Vergani.

Marquez bisa naik ke tim pabrikan Ducati, ke KTM atau bahkan kembali ke Honda.

“Lalu ada Honda. Semua ucapan selamat tinggal saat mereka mengucapkan selamat tinggal membuat saya berpikir ada sesuatu yang terjadi, seperti kemungkinan kembalinya mereka. Jika Marc menjalani musim penuh kemenangan maka Ducati harus membawanya ke tim pabrikan. Juga karena ada sponsor yang terlibat yang akan mendorong ke arah itu.

Mengenal Gigi Dall’Igna, saya rasa dia tidak akan mau kehilangan juara seperti Marc setelah hanya satu musim bersama Desmosedici, dengan semua kompetisi bersedia untuk merekrutnya, seperti KTM dan Honda. Saya akan menceritakan kisah latar belakangnya.

Ketika rumor tentang Marc dengan Gresini mulai beredar, saya menulis kepada (CEO Ducati) Claudio Domenicali dan mengatakan kepadanya: ‘Amankan dia segera, Anda tidak bisa membiarkan dia pergi! (ke tim lain)’,” tanadasnya.

Musim Marquez bersama Ducati bakal dimulai tahun ini. Mungkinkah Marquez lebih spektakuler di musim perdananta dengan Ducati? (tra)