Kastara.ID, Depok – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok Sidik Mulyono menyampaikan bahwa media bukan hanya berperan menangkal hoaks dalam menghadapi Pilkada Kota Depok tahun 2020, namun ikut berperan aktif memberikan edukasi kepada masyarakat.

“Kita tahu fungsi media massa baik itu cetak maupun online, selain memberikan informasi, hiburan, juga sebagai alat kontrol serta memberikan edukasi kepada masyarakat di dalam Pilkada nanti,” kata Sidik

“Kami sangat berharap sekali media betul betul melaksanakan fungsinya,” kata Sidik dalam diskusi “Peran Jurnalis dalam Menangkal Berita Hoax dan Memberikan Pemberitaan yang Objektif di Pilkada Kota Depok” di JPW Caffe, Grand Depok City, Rabu (5/2).

Sementara Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Depok Luli Barlini mengatakan, dirinya berharap untuk Kota Depok dalam menghadapi pilkada 2020 mudah-mudahan aman dan kondusif, serta tidak terjadi hal-hal mengakibatkan pilkada harus diulang.

“Karena saya sudah mempunyai acuan daerah mana saja yang akan terjadi rawan kericuhan, dari mulai akses jalan menuju tempat pemilihan jauh apa tidak. Pemilu uang itu seperti apa, itu juga sudah diawasi oleh bawaslu,” ujarnya

Kalau ada saksi minimal dua orang yang mengetahui ada peserta pilkada berbuat curang, boleh laporkan ke Bawaslu, tentunya dengan laporan tertulis akan ditindaklanjuti laporan tersebut.

Bawaslu juga berterima kasih kepada wartawan Depok yang memberikan informasi Bawaslu kepada masyarakat. “Semoga kerja sama ini akan terus berlanjut,” katanya. (*)