Kastara.ID, Depok – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung yang terletak di Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Depok, ada yang berubah fungsi menjadi lebih hijau dan asri. Kini sebuah taman bermain untuk anak-anak dan sekaligus  ada lahan yang diberdayakan untuk membuat kolam ikan jenis Koi dan ikan jenis Tiger yang nantinya berguna untuk terapi.

Lahan seluas hampir 700 meter persegi tersebut, selain untuk taman tempat bermain anak-anak selalu ramai dikunjungi warga sekitar TPA. Taman ini juga sekaligus untuk edukasi karena di dindingnya ada tulisan bagaimana bersahabat dengan sampah.

Kepala UPT TPA Cipayung Ardan Kurniawan ketika ditemui Jumat (5/4)  mengatakan, dengan dibuatnya kolam ikan akan menambah suasana menjadi hidup. “Jadi kalau lelah saya ke sini sambil lihat ikan. Yang tadinya gersang sekarang berubah jadi lebih baik,” ujarnya.

Tadinya lahan kosong ini sebelum jadi  kolam ikan merupakan kubangan air. Kalau hujan, air tergenang di mana-mana. “Saya punya ide bagaiimana kalau dibuatkan kolam ikan yang akhirnya terwujud,” paparnya.

Wati (34), warga sekitar TPA mengatakan, untuk taman bermain anak-anak yang sudah ada sekarang disebutnya masih kurang lengkap karena belum ada perosotan dan suka berebutan dengan anak lainnya.

“Dengan adanya taman bermain ini saya berterima kasih kepada pengelola TPA. Jadi anak saya tidak makn jauh-jauh lagi,” ucap Wati. (*)