Depok

Kastara.ID, Depok – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok memastikan, ketersediaan stok darah mencukupi hingga lebaran mendatang. Pasalnya selama dua bulan terakhir, pihak telah melakukan sejumlah upaya untuk menghimpun darah.

“Dari Januari hingga Maret, kami sudah kebut untuk ketersedian stok darah di bulan Ramadan. Insyaallah, untuk bulan April dan Mei ini stok darah aman. Bulan April inipun kami masih kejar dengan program Mobile Unit (MU),” ujar Ketua PMI Kota Depok, Dudi Mi’raz, di ruang kerjanya yang dimuat situs resmi Pemkot Depok, Selasa (5/4).

Dudi menyebutkan, jumlah kantong darah yang tersedia sampai hari ini sebanyak 748 kantong yang terdiri dari semua jenis golongan darah. Pada bulan Ramadan ini, imbuhnya, program MU menyasar gereja dan perkumpulan atau komunitas.

“Walaupun aman, bulan Ramadan kami tetap roadshow ke berbagai lokasi yang sudah terjadwal,” jelasnya.

Diakuinya, meski stok darah saat ini masih mencukupi, namun dirinya terus berharap sumbangsih masyarakat agar bisa mendonorkan darahnya, untuk persediaan Mei sampai Juni. Mengingat kegiatan donor darah, masih minim.

“Mudah-mudahan usai lebaran, stok darah masih tetap aman,” tutupnya. (dha)