Indikator Kelurahan Sehat

Kastara.ID, Depok – Kelurahan Pangkalan Jati, Kecamatan Cinere, berhasil meraih peringkat II pada lomba Indikator Kelurahan Sehat Tingkat Kota Depok Tahun 2021. Sinergisitas dan koordinasi antar stakeholder menjadi kunci utama.

“Alhamdulillah, berkat sinergitas Kelurahan, LPM, para ketua lingkungan, tim PKK, Pokja Kelurahan dan Karang Taruna membuahkan hasil yang baik,” ujar Lurah Pangkalan Jati, Tarmuji yang dimuat situs resmi Pemkot Depok (5/4).

Tarmuji mengatakan, adapun indikator penilaiannya terdiri dari beberapa poin. Yaitu, capaian stunting, capaian Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB), Capaian Open Defecation Free (ODF), Capaian Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Rumah Tangga, serta Capaian Imunisasi Dasar Lengkap (IDL).

“Prevalensi stunting di Pangkalan Jati 2,05 persen, tidak ada kasus AKI dan AKB selama satu tahun, sudah ODF, PHBS rumah tangga 72,31 persen, dan 92,6 persen balita sudah IDL,” katanya.

Tarmuji berharap, sinergisitas ini bisa terus di pertahankan dengan terus menjaga kebersihan lingkungan. Sebab, imbuhnya, dari lingkungan yang bersih akan menciptakan kesehatan bagi warganya.

“Terima kasih kepada yang telah terlibat, semoga kita selalu bisa jaga kekompakan,” tutupnya. (dha)