Terminal Kalideres

Kastara.ID, Jakarta – Hingga H+3 Idulfitri 1443 Hijriah, Kamis (5/5), arus balik pemudik di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, masih landai. Belum terlihat adanya peningkatan jumlah penumpang dari bus yang datang.

Pada pukul 09.30 hanya puluhan penumpang yang terlihat turun dari bus AKAP. Umumnya, armada yang datang dari wilayah Jawa Barat dan Banten.

Yusniah (34), penumpang bus AKAP PO Sahabat yang datang dari Cirebon, Jawa Barat, mengaku sengaja pulang lebih awal bersama suami dan anaknya, karena menghindari kemacetan di jalan.

“Kami sengaja balik lebih awal agar tidak kena macet. Selain itu biar bisa istirahat di rumah dan silaturahmi dengan saudara dan tetangga di Jakarta,” ujarnya.

Kepala Terminal Bus AKAP Kalideres, Revi Zulkarnaen menuturkan, pada H+1 Rabu (4/5) kemarin, penumpang arus balik yang tiba sebanyak 367 penumpang yang diangkut 102 armada bus.

Menurutnya, penumpang arus balik saat ini mayoritas dari Provinsi Jawa Barat, seperti Bandung, Tasikmalaya, Cirebon, Kuningan, dan Provinsi Banten.

Dia memperkirakan, penumpukan penumpang arus balik di Terminal Kalideres akan terjadi pada H+7 hingga H+9 Idulfitri atau 9 hingga 11 Mei nanti.

“Dalam waktu tiga hari itu, penumpang dari Jawa Tengah, Sumatera serta dari Jawa Timur akan membludak masuk terminal ini,” pungkasnya. (hop)