PSBB Transisi Fase I

Kastara.ID, Jakarta – Legislator Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta, Abdurrahman Suhaimi, mengapresiasi kolaborasi warga RW 04 Kelurahan Dukuh, Kramat Jati, Jakarta Timur, dalam menangani persoalan sampah.

Suhaimi mengatakan, upaya mengatasi permasalahan sampah perlu melibatkan masyarakat itu sendiri. Sebab, daya tampung Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang juga semakin terbatas.

“Di sini sudah ada bank sampah. Ini sangat penting untuk memacu warga melakukan pemilahan sampah sejak dini,” ujar legislator dari Dapil V Jakarta Timur ini.

Suhaimi menjelaskan, melalui Peraturan Gubernur Nomor 77 Tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah Lingkup Rukun Warga, pemerintah mengajak kolaborasi warga di Jakarta untuk peduli sampah.

“Melalui pemilahan sampah sejak dini ini warga juga bisa memperoleh penghasilan tambahan,” terangnya.

Ia menambahkan, dalam pelaksanaan Reses ke-2 Tahun 2022 di RW 04, Kelurahan Dukuh, pada Senin (4/7) kemarin, warga juga menyampaikan aspirasi terkait perlunya pemanfaatan lahan seluas 2.000 meter persegi milik Pemprov DKI, cq Dinas Pertamanan dan Hutan Kota.

“Semoga bisa segera dibuat taman dengan beragam fasilitas untuk warga agar tidak diokupasi pihak-pihak lain,” ungkapnya.

Selain itu, sambung Suhaimi, ada juga aspirasi warga terkait perlunya pembangunan sekolah menengah pertama (SMP).

“Warga ingin saat anak-anaknya masuk sekolah tidak terkendala aturan zonasi. Sebab, anak-anak yang tinggal dekat lokasi sekolah akan memiliki prioritas” tandasnya.

Hadir dalam reses tersebut Wakil Camat Kramat Jati, Diman, Sekretaris Lurah Dukuh, Daily Yuniarti, pengurus RT/RW, tokoh masyarakat, dan warga setempat. (hop)