Bulog

Kastara.ID, Jakarta – Perusahaan Umum (Perum) Bulog bersama dengan Induk Koperasi Kepolisian Republik Indonesia (Inkopol) sepakat membantu secara serius distribusi pangan Bulog kepada seluruh keluarga besar Kepolisian Republik Indonesia (Polri), sebagai bagian dari upaya mewujudkan peran Bulog yang strategis sebagai penyediaan pangan, stabilisasi harga dan keterjangkauan pangan.

Penandatanganan kerja sama tersebut berlangsung di kantor pusat Inkopol, Jakarta, Senin (5/8) yang dilakukan langsung oleh Direktur Komersial Bulog Mansyur dan Ketua Inkopol Irjen polisi (purn) Yudi Sushariyanto, disaksikan sejumlah pejabat kedua lembaga.

“Kerja sama ini secara khusus akan menjadikan Bulog sebagai institusi yang semakin kuat dan penting, karena melalui kerja sama ini mewujudkan pemenuhan kebutuhan komiditi pangan pokok bagi masyarakat melalui Inkopol,” kata Mansyur.

Selain itu, kata Mansyur lagi, kesepakatan ini menjadi penting, karena merupakan upaya untuk mendukung pemerintah dalam mewujudkan kedaulatan pangan, sekaligus sebagai upaya mempertahankan hubungan baik yang telah terjalin selama ini.

Pada kesempatan yang sama, Mansyur menjelaskan bahwa kerja sama ini juga merupakan salah satu bentuk upaya memperkenalkan produk Bulog yang sehat, berkualitas, dan terjangkau. Dan pada akhirnya dapat menekan inflasi pangan.

Sementara itu, Ketua Inkopol Yudi Sushariyanto mengatakan, dengan adanya kepastian pasokan pangan antara Inkopol dan Bulog, maka akan membantu pemerataan pasokan pangan ke masyarakat, khususnya keluarga besar Polri, baik anggota aktif, keluarganya dan pensiunan, serta para pegawai negeri sipil Polri.

“Kita membantu Bulog, karena perannya yang mulia, yaitu memastikan ketersedian dan keterjangkauan pangan serta stabilissi harga. Dengan demikian keluarga besar Polri secara nyata turut mendukung kebijakan pemerintah,” kata mantan Komandan Korps Lalu Lintas Polri (Dan Korlantas) itu.

Kerja sama ini juga meliputi pengembangan jaringan bersama untuk pendistribusian komoditas Perum Bulog serta kerja sama lain yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Sebagai BUMN yang mengemban amanah untuk memwujudkan kedaulatan pangan negara, Perum BULOG terus melakukan sinergi dengan berbagai lembaga pemerintah, BUMN, dan instansi lainnya demi mewujudkan salah satu misi Perum Bulog yaitu Menjamin ketersediaan, keterjangkauan, dan stabilitas komoditas pangan pokok.

Perum Bulog melalui Divisi Penjualan Distributor melakukan pendistribusian pangan pokok dengan Merek KITA seperti Beras KITA, Minyak Goreng KITA, Gula Manis KITA, Terigu KITA, dan Daging KITA ke seluruh Koperasi yang ada di wilayah Polri.

Perum Bulog juga berkerja sama dengan Satgas Pangan yang telah sukses mencegah permainan oknum-oknum yang ingin mencari keuntungan dengan memanfaatkan lonjakan harga pangan di mana kesuksesan tersebut tercermin dari stabilnya tingkat inflasi nasional khususnya inflasi bahan pangan pada tahun-tahun ini. (danu)