Headline

Gerebek Lumpur di Waduk Munjul Kendalikan Aliran Air

Kastara.ID, Jakarta – Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar bersama jajarannya, Selasa (5/10), meninjau gerebek lumpur di Waduk Munjul, Jalan Wijaya Kusuma RW 04 Munjul, Cipayung.

Anwar mengatakan, tinjauan dilakukan untuk memastikan bahwa kegiatan gerebek lumpur di Waduk Munjul berjalan dengan baik. Ada 10 alat berat yang tengah dioperasikan untuk pengerukan waduk seluas 5,19 hektare dengan luas penampang basah 3,02 hektar ini.

Menurut Anwar, kegiatan gerebek lumpur yang melibatkan 150 personel gabungan ini dilakukan selama dua hari, mulai Senin (4/10) kemarin hingga Selasa (5/10) ini. Setelahnya program pengerukan waduk dilanjutkan oleh Satgas SDA menggunakan alat berat yang ada. Ditargetkan pengerukan lumpur ini tuntas pada Desember mendatang.

“Kegiatan ini dilakukan untuk mencegah terjadinya genangan di musim penghujan,” kata Anwar.

Anwar menegaskan, untuk meminimalisir terjadinya banjir atau genangan saat musim hujan perlu dilakukan penataan mulai dari hulu hingga hilir. Salah satunya, mengendalikan aliran air di kali dengan menormalisasi waduk agar dapat menampung lebih banyak air hujan.

Waduk di wilayah hulu Jakarta Timur yang ada saat ini di antaranya adalah Waduk Cimanggis di Cibubur, Waduk Munjul, Waduk Cilangkap, Waduk Giri Kencana, Waduk Tiu, Waduk Kaja di Ciracas, Waduk Rambutan 1 dan 2 serta sejumlah waduk lainnya.

“Keberadaan waduk-waduk ini penting untuk menampung dan mengendalikan aliran air dari hulu ke hilirnya. Diharapkan hal ini dapat mengurangi genangan atau banjir yang setiap tahun terjadi di sejumlah titik di sepanjang bantaran Kali Sunter maupun Kali Cipinang,” ungkap Anwar. (hop)

Leave a Comment

Recent Posts

Nuroji : Gerindra Sudah Mengantongi Dua Nama Supian Suri dan Yeti Wulandari Untuk Walikota dan Wakilnya

Kastara.Id,Depok- Nuroji anggota DPR RI Fraksi Gerindra  terpilih kembali di Pileg 2024 menghadiri undangan acara…

Pemerintah Kota Depok Harus Ada BPR Untuk Peningkatan Ekonomi Daerah

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat akan membentuk Bank Perkreditan Rakyat atau BPR sebagai…

Paripurna DPRD Depok Dalam Rangka Memperingati HUT Depok ke-25

Kastara.Id,Depok- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok menggelar Rapat Paripurna dalam rangka memperingati HUT…

Jokowi dan Gibran Pas Berlabuh di PSI atau Golkar

Kastara.ID, Jakarta - PDI Perjuangan (PDIP) dengan tegas menyatakan, Joko Widodo (Jokowi) dan Gibran Rakabuming…

Alhamdulilah SK sudah diberikan Imam Budi Hartono

Kastara.Id,Depok - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu  resmi memberikan Surat Keputusan (SK) rekomendasi…

Bukti Keseriusan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok Dalam Menunjukkan Prestasi

Kastara.Id,Depok - Prestasi membanggakan kembali diraih Kota Depok. Di awal tahun 2024 ini, Kota Depok…