PTM Terbatas

Kastara.ID, Depok – Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Cimanggis ikut serta melakukan monitoring pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas. Tinjauan langsung dilakukan ke sejumlah sekolah untuk memastikan seluruhnya menjalankan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

Kepala UPTD Puskesmas Cimanggis, Lina Herlina mengatakan, berdasarkan hasil tinjauan yang dilakukan, sekolah yang menjalankan PTM Terbatas sudah memenuhi syarat yang ditetapkan.

“Alhamdulillah, prokes dijalankan dengan baik, serta menyediakan beberapa sarana pendukung,” tuturnya seperti dilansir laman resmi Pemkot Depok, Selasa (5/10).

Sebelum pelaksanaan PTM Terbatas berlangsung, pihak puskesmas telah menyampaikan informasi penerapan prokes. Tentu disesuaikan berdasarkan Pedoman Penyelenggaraan PTM Terbatas di masa pandemi Covid-19.

Di antaranya menyediakan sarana sanitasi dan kebersihan dengan toilet bersih dan layak, sarana cuci tangan dengan air mengalir. Lalu menyediakan cairan pembersih tangan serta menyediakan disinfektan.

Selain itu, tambah Lina, menyediakan thermogun untuk mengecek suhu anak sebelum masuk sekolah. Juga menyiapkan ruang isolasi yang digunakan apabila terdapat siswa yang mengalami gangguan kesehatan.

“Pihak sekolah juga memiliki Satgas untuk memantau siswa yang mengalami gangguan kesehatan, kemudian bisa menghubungi Puskesmas jika kondisinya belum membaik,” jelasnya.

Untuk itu, ia mengingatkan kepada pihak sekolah untuk terus memperhatikan prokes saat PTM Terbatas. Sebagai upaya dalam mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah. (dha)