Kastara.ID, Jakarta – 25 pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) binaan mengikuti kegiatan pendampingan pelatihan Pembuatan Desain Kemasan di RPTRA Widya Bahari, Pulau Harapan, Kepulauan Seribu Utara.

Kegiatan yang diselenggarakan Suku Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Kepulauan Seribu ini berlangsung selama tiga hari dari 3-10 Oktober 2023.

Kepala Suku Dinas PPKUKM Kepulauan Seribu, Bangun Richard mengatakan, pelatihan ini bertujuan memberikan pengetahuan dan wawasan kepada pelaku usaha binaan terkait teknik mendesain kemasan produk.

Dalam pelatihan ini, para peserta dibekali materi tentang branding, hak kekayaan intelektual atau hak merek dan pemasaran, atribut di dalam kemasan serta cara memilih jenis kemasan dan bahannya.

“Kegiatan ini diikuti 25 UKM binaan dari Pulau Harapan dan Pulau Kelapa. Selama tiga hari mereka diberikan pelatihan cara membuat kemasan produk yang baik dan menarik,” ujar Bangun, Kamis (5/10).

Ia menjelaskan, sebelumnya, pihaknya juga telah mengadakan pelatihan serupa di Pulau Pari dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu Selatan.

Melalui pelatihan tersebut, para pelaku UKM binaan diharapkan semakin mahir dalam berwirausaha dan profesional membuat kemasan. Pihaknya juga menghadirkan instruktur yang berkompeten di bidangnya.

“Diharapkan setelah pelatihan ini para UKM binaan ini dapat memiliki kemasan produk yang baik, serta logo dan merek menarik,” harapnya.

Muhajijah (45), warga RT 01/05, Pulau Kelapa 2 mengaku baru kali pertama mengikuti pelatihan desain kemasan ini. Pelatihan tersebut dinilai sangat penting diikuti masyarakat yang tengah merintis usaha sepertinya.

“Semoga produk stik cumi saya semakin diminati dan usaha saya terus berkembang setelah ikut pelatihan ini,” tandasnya. (hop)