Kepala UPT Terminal Dinas Perhubungan DKI, Syamsul Mirwan mengatakan, penataan atau revitalisasi area Terminal Pulogadung ini meliputi banyak hal. Di antaranya penataan ruang tunggu penumpang JakLingko atau Mikrotrans, pembangunan jalan akses menuju halte Transjakarta, pemasangan pagar sepanjang 300 meter dan tinggi tiga meter di sekeliling terminal.

Kemudian pembangunan dua pos keamanan, musala, toilet umum dan fasilitas disabilitas, perapihan papan nama permanen dan sebagainya.

“Penataan area terminal dilakukan sejak 21 Juli lalu dan kita targetkan akhir pekan ini rampung,” kata Syamsul, Kamis (5/10)

Menurutnya, penataan terminal saat ini tinggal perapihan puing sisa penertiban bangunan yang sudah tak terpakai. Selain itu juga pembersihan saluran air.

“Kami juga akan memfasilitasi 20 pedagang eksisting yang legal. Rencananya mereka akan ditempatkan di ruang tunggu area terminal,” beber Syamsul.

Kepala Terminal Pulogadung, Suratman menambahkan, saat ini juga sedang dilakukan pembuatan taman di samping ruang tunggu penumpang dan halte Transjakarta.

Untuk pagar keliling, jelas Suratman, dibangun menggunakan tembok lengkap dengan ornamen dan lubang angin

“Selain kokoh, ini untuk menghindari adanya aksi coret-coret pagar,” kata Suratman.

Sedangkan papan nama terminal, menurut Suratman, masih menggunakan yang lama namun direhab terlebih dulu. Lokasinya persis di akses masuk terminal di Jalan Perintis Kemerdekaan.

“Papan nama berukuran 7×2,5 meter persegi ini menggunakan bahan granit. Sedangkan tulisan dan logo menggunakan bahan stainless steel,” pungkasnya. (hop)