MotoGP 2020(motogp.com)

Kastara.ID, Aragon – Pembalap Italia Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) kembali dinyatakan positif Covid-19 setelah tes pertama untuk persiapan MotoGP Eropa pekan ini.

Rossi masih harus menunggu tes berikutnya, tapi kondisi ini membuat partisipasinya di balapan akhir pekan ini dalam keraguan serius.

Juara Dunia sembilan kali itu sebelumnya sudah absen di Aragon dan Teruel, setelah dinyatakan positif sebelum menuju ke MotorLand.

Kondisi fisik Rossi sepenuhnya fit saat ini, tapi ternyata ia masih positif terkena virus berdasarkan tes pada Selasa (3/11), dan harus menanti dua hasil negatif pada Rabu dan Kamis agar bisa tampil di GP Eropa.

Tapi jika Rossi gagal dan masih dinyatakan positif, Yamaha sudah menyiapkan pembalap WorldSBK, Garrett Gerloff, sebagai pengganti sementara. “Virus ini sangat rumit dan serius,” kata Rossi seperti dilansir MotoGP.

“Saya merasa tidak enak selama dua hari, kemudian dalam beberapa hari saya kembali fit sepenuhnya, dengan 100%. Saya mengisolasi diri di rumah sepanjang waktu dan saya mengikuti nasihat medis dengan cermat. Ini sangat menyedihkan dan sulit. situasi, tapi begitulah adanya,” papar Rossi.

“Sayangnya, kemarin (Selasa, 3 November), saya menjalani tes lagi dan hasilnya positif lagi, seperti semua tes sebelumnya. Untungnya saya masih punya dua peluang lagi untuk kembali ke lintasan mulai Jumat atau Sabtu. Saya sangat sedih karena saya merasa baik-baik saja, dan saya tidak sabar untuk kembali mengendarai M1 saya, dan bersatu kembali dengan tim saya. Saya sangat berharap hasil tes berikutnya akan negatif, karena absen dalam dua balapan sudah terlalu banyak,” ungkap Rossi.

Tiga balapan sisa MotoGP 2020 ini akan berlangsung mulai 8 November di Valencia 1, diikuti dua seri lainnya di Valencia 2 dan Portimao tanpa jeda. (tra)