Kastara.ID, Jakarta – Anies Baswedan turut hadir dalam Aksi Akbar Bela Palestina yang digelar di kawasan Monas, Jakarta, pada 5 November 2023.

Di dalam orasinya, Anies menegaskan bahwa okupansi atau penjajahan yang dilakukan suatu negara ke negara lainnya, seperti halnya oleh Israel terhadap Palestina, tidak boleh ada di dunia.

Anies mengajak seluruh peserta Aksi Akbar Bela Palestina yang berjumlah sekitar 2 juta orang untuk meneriakkan yel-yel dalam bahasa Inggris untuk mendukung dihapusnya penjajahan di muka bumi ini.

Hei hei! Ho Ho! Occupation no more! Hei hei! Ho Ho! Occupation no more!

Teriakan Anies memimpin yel-yel kemudian diikuti para peserta Aksi Akbar Bela Palestina.

Anies juga mengajak peserta meneriakkan yel-yel untuk mendukung kemerdekaan Palestina.

Free, Free! Palestine!” teriak Anies berkali-kali.

Anies mengatakan melalui Aksi Akbar Bela Palestina ini, Indonesia mengirim pesan kepada dunia bahwa Indonesia tidak pernah diam untuk kemerdekaan Palestina.

We will fight for independence of Palestine!” ujar Anies.

Anies juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk memberikan dukungan dan bantuan kepada warga Palestina yang tengah digempur Israel.

“Jangan berdiam diri ketika saudara-saudara kita diinjak, saudara-saudara kita dilukai. Ketika anak-anak (di Palestina) layu sebelum waktunya,” ujarnya.

Dia juga mengapresiasi langkah yang sudah dilakukan Kementerian Luar Negeri di tingkat global dalam mendukung Palestina.

“Kita bangga dengan Kemenlu, kita bangga dengan Ibu Retno (Menteri Luar Negeri) yang telah mewakili Indonesia,” ujar Anies. (kba/lan)