Kastara.ID, Jakarta – Sejak awal acara Aksi Akbar Aliansi Rakyat Indonesia Bela Palestina di Monas, Ahad (5/11), massa yang hadir terus meminta kepada pembawa acara agar Anies Baswedan memberikan orasinya.

Pembawa acara Ustadz Muhammad Zaitun Rasmin meminta kepada peserta aksi agar bersabar. “Sabar, sabar, ini aksi semua golongan, lintas organisasi, dan lintas agama.”

Acara dimulai dengan beberapa sambutan dari Menko PMK Muhadjir Effendy, Menlu Retno Marsudi, dan Menteri Agama Yaqut Cholis Qoumas, dan Ketua DPR RI Puan Maharani.

Acara yang dihadiri sekitar 1,4 juta orang di dalam kawasan Monas, tidak termasuk massa yang berada di luar Monas, seperti di kawasan Patung Kuda, Jl. Medan Merdeka Barat dan Jl. Medan Merdeka Selatan.

Jadi, peserta aksi bela Palestina ini total bisa mencapai 2 juta orang, sesuai dengan proyeksi awal panitia. Massa telah berdatangan sejak pukul 05.30 WIB. Kemudian acara dimulai sekitar pukul 06.45 WIB dan selesai pukul 10.00 WIB.

“Anies, Anies, Anies. Anies presiden, Anies presiden, Anies presiden,” teriakan massa aksi bela Palestina yang terus berkumandang ketika MC akan melanjutkan acara selanjutnya.

Pada awal acara ketika disebutkan bahwa Anies Baswedan turut hadir dalam acara ini langsung disambut gemuruh dari peserta aksi bela Palestina.

Sejak awal acara dibuka hingga akhirnya Anies berkesempatan untuk memberikan pidato, massa terus meneriaki nama Anies Baswedan.

Demikian juga ketika acara selesai dan Anies harus menuju ke mobil, massa terus mengerubuti Anies hingga cukup sulit untuk berjalan.

Dalam orasinya, Anies menegaskan bahwa okupansi atau penjajahan yang dilakukan suatu negara ke negara lainnya, seperti halnya oleh Israel terhadap Palestina, tidak boleh ada di dunia.

Anies mengajak seluruh peserta Aksi Bela Palestina yang berjumlah sekitar 2 juta orang untuk meneriakkan yel-yel dalam bahasa Inggris untuk mendukung dihapusnya penjajahan di muka bumi ini.

“Hei hei! Ho Ho! Occupation no More! Hei hei! Ho Ho! Occupation no more!”

Teriak Anies memimpin yel-yel yang kemudian diikuti para peserta Aksi Bela Palestina.

Anies juga mengajak peserta meneriakkan yel-yel untuk mendukung kemerdekaan Palestina. “Free, Free! Palestine!” teriak Anies berkali-kali.

Anies mengatakan melalui Aksi Bela Palestina ini, Indonesia mengirim pesan kepada dunia bahwa Indonesia tidak pernah diam untuk kemerdekaan Palestina. (kba/lan)