Kecamatan Sawangan

Kastara.ID, Depok – Wali Kota Depok Mohammad Idris menghadiri pelantikan Pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) tingkat kelurahan se-Kecamatan Sawangan. Dalam kesempatan tersebut, Idris meminta pengurus yang baru dilantik untuk mengutamakan kemaslahatan masyarakat.

Dikatakan Mohammad Idris, hal ini sesuai dengan arahan MUI Pusat bahwa pengurus MUI di wilayah dapat menjalankan tugasnya dari bawah agar dapat lebih dekat dengan masyarakat.

“Sehingga tidak ada istilah ulama elit, semuanya sama,” tegasnya yang dimuat di laman resmi Pemkot Depok (4/12).

Mohammad Idris menjelaskan, ada tiga tugas yang harus dilakukan para ulama. Pertama, memperhatikan kemaslahatan masyarakat. Kedua, membangun masyarakat yang kuat dengan visi dan misi ulama.

“Terakhir, ulama harus dapat membantu memecahkan persoalan di masyarakat,” jelasnya.

Mohammad Idris menyebut, Pemerintah Kota Depok bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) telah mengesahkan Peraturan Daerah tentang Penyelenggaraan Kota Religius. Perda ini hadir tujuannya untuk memfasilitasi kegiatan agama, salah satunya MUI.

Di tempat yang sama, Camat Sawangan Anwar Nasihin menambahkan, pengurus MUI tingkat kelurahan dilantik oleh Ketua MUI tingkat kecamatan. Sebelum pelantikan, pihaknya menyelenggarakan pengajian rutin di Aula Lantai 2 Gedung Kecamatan Sawangan.

“Kami berharap hadirnya MUI, para umat dapat terus terbina, hadir sebagai penyelesai masalah umat, dan membantu Pemkot dalam pembangunan,” pungkasnya. (dha)