Kastara.ID, Jakarta – Selama libur Lebaran, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta membuka pos pelayanan kesehatan di tempat-tempat wisata.
Tempat wisata tersebut yaitu Monumen Nasional (Monas), Taman Margasatwa Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Ancol, Kota Tua dan Kepulauan Seribu.
Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan DKI Jakarta Weningtyas mengatakan, operasional pos pelayanan kesehatan disesuaikan dengan waktu operasional tempat-tempat wisata. Selain pos pelayanan kesehatan pihaknya juga menyiagakan Ambulan Gawat Darurat (AGD).
“Pos pelayanan kesehatan ini terdiri dari satu dokter, dua perawat dan satu ambulan serta pengemudinya,” ujarnya, Kamis (5/6).
Dijelaskan Weningtyas, pos pelayanan kesehatan disiagakan utamanya untuk evakuasi pasien emergensi. Meski demikian, unit-unit ini juga membawa perlengkapan pemeriksaan dan obat-obatan standar dukungan kesehatan lapangan beserta alat peraga kegiatan promotif/preventif.
Jadi secara mudahnya selain emergensi, bisa juga pelayanan dasar seperti pengobatan dasar dan tanya jawab seputar kesehatan
“Untuk waktu operasionalnya sesuai jam buka tempat wisatanya, rata-rata dua shift,” tandasnya. (hop)