Uji Emisi

Kastara.ID, Jakarta – Bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (5/6), Sekretaris Komisi D DPRD DKI Jakarta Syarif meminta eksekutif untuk lebh mengoptimalkan program pengelolaan lingkungan hidup.

Menurut Syarif, beberapa program pengelolaan lingkungan hidup yang sudah dijalankan Pemprov DKI saat ini sudah cukup baik, khususnya program perbaikan kualitas udara seperti pengawasan cerobong pembuangan gas industri, penerapan standar operasional uji emisi bagi kendaraan dan program penghijauan.

“Untuk uji emisi kami mendorong agar bisa diterapkan penuh oleh kendaraan pribadi dan bengkel uji emisi bisa diperbanyak lagi,” ujar Syarif.

Selain kualitas udara, lanjut Syarif, pengelolaan sampah dan limbah berbahaya perlu diperketat guna mencegah pencemaran air laut, sungai dan air tanah. Ia berharap peran eksekutif dalam hal ini tidak kendor meskipun tengah menghadapi pandemi COVID-19.

“Kita berharap pengawasan pengelolaan sampah lebih diperketat untuk mencegah pencemaran lingkungan,” tukasnya.

Syarif juga mengusulkan agar program pengurangan sampah dari sumbernya seperti pembentukan bank sampah, dapat digalakan di setiap lingkungan hingga tingkat RT dengan prinship gorong-gorong.

“Bank sampah ini membantu tapi belum signifikan karena keterbatasan lahan dan belum adanya nilai intensif bagi pengelola. Kami mendorong agar program ini membudaya atau ditingkatkan lagi,” tandasnya. (hop)