Lapas Pd Bambu

Kastara.ID, Jakarta – Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) Jakarta Pusat menggelar kegiatan pelatihan Kerja Mobile Training Unit (MTU) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas II Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Pelatihan yang digelar pada 2 Juni-13 Juli 2022 ini diikuti 20 warga binaan dengan jenis pelatihan Tata Busana dan Bahasa Inggris.

Kabid Pelatihan dan Produktivitas Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi (Nakertransgi) DKI Jakarta, Heny Mayawati mengatakan, pelatihan kerja merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan kompetensi warga.

Dalam pelatihan kerja MTU ini, para warga binaan lapas dibekali keterampilan untuk meningkatkan kompetensinya. Sehingga mampu bersaing di dunia kerja atau menjadi wirausaha setelah kembali ke lingkungan masyarakat.

“Dengan mengikuti pelatihan MTU ini, warga binaan lapas diharapkan bisa memperoleh kemudahan mencari kerja yang akhirnya berdampak bagi peningkatan ekonomi keluarga,” ungkap Heny, Senin (6/6).

Menurut Heny, warga binaan lapas ini merupakan masyarakat Jakarta yang perlu dibekali kemampuan. Melalui cara demikian, mereka dapat produktif dan percaya diri ketika terjun ke masyarakat.

Selama ini tugas lapas memberikan pembinaan kepribadian dan pembinaan kemandirian kepada warga binaannya. Pelatihan MTU seperti ini dapat menjadi jembatan yang mengantarkan warga binaan mencapai kemandirian dan kesejahteraan kelak.

“Mudah-mudahan melalui pelatihan kerja MTU ini mereka bisa berlatih dengan sungguh-sungguh supaya lebih terampil, bermanfaat dan produktif,” tandasnya. (hop)