Tanah Abang

Kastara.id, Jakarta – Gelaran Jakarnaval 2018 yang berlangsung Minggu (8/6) mendatang, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan melakukan rekayasa lalu lintas (lalin) di kawasan yang ditentukan untuk pagelaran.

“Untuk menyukseskan perhelatan Jakarnaval kami akan membuat rekayasa lalulintas secara bertahap,” ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansah, Jumat (6/7).

Rekayasa tahap pertama, lanjut Andri, dilakukan pada Jumat (6/7) berupa gladi resik dengan menutup Jalan Medan Merdeka Selatan pukul 20.00-00.00. Lalu lintas dari timur menuju barat dialihkan ke Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan Merdeka Utara dan Jalan Merdeka Barat.

Rekayasa tahap berikutnya dilakukan pada Sabtu (7/7), pukul 22.00 dan Minggu (8/7), sampai pukul 23.00 Jalan Medan Merdeka Selatan ditutup.

“Lalin dari arah timur ke barat atau utara dialihkan ke Jalan Medan Merdeka Timur, Medan Merdeka Barat, dan Medan Merdeka Utara,” tambahnya.

Saat pelaksanaan hari bebas kendaraan pukul 06.00-11.00, lalin dari selatan ke barat yang semula belok ke Jalan Medan Merdeka Selatan, atau putar balik ke arah Jl Budi Kemuliaan, dialihkan belok ke kanan ke arah bundaran air mancur Indosat.

Untuk pelaksanaan parade karnaval yang berlangsung pada pukul 15.00-18.00 akan dilakukan rekayasa lalin dari arah Blok M ke Harmoni dan Senen dialihkan ke Jalan Kebon Sirih-Jalan Fachrudin- dan Jalan Abdul Muis.

Untuk lalin dari Kota ke Blok M dialihkan ke Juanda-Lapangan Banteng-Pejambon-Medan Merdeka Timur. Lalu kendaraan dari Senen menuju ke barat dialihkan ke Jalan Medan Merdeka Timur-Perwira-Katedral-Veteran-Menteng Raya. Kendaraan dari barat ke Senen dialihkan ke Suryopranoto-Juanda melalui Kebon Sirih.

“Rekayasa lalin ini kami lakukan bekerja sama dengan Ditlantas Polda Metro Jaya dan bersifat situasional,” pungkasnya. (rud)