Kastara.ID, Madinah – Petugas haji Daerah Kerja (Daker) Bandara menggelar apel pagi pada hari pertama kedatangan jemaah haji Indonesia, Sabtu (6/7) tepat pukul 07.30 waktu Arab Saudi.

Hari ini, akan ada empat kloter jemaah haji Indonesia yang mendarat di Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdulaziz, Madinah, hari ini. Kloter pertama dari embarkasi Surabaya, akan pertama kali mendarat di Bandara Madinah, pukul 10.00 waktu Arab Saudi (WAS).

Kepala Daker Bandara Arsyad Hidayat selaku inspektur apel berpesan kepada para petugas untuk saling bersinergi antar divisi, memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah haji.

“Tidak ada latar belakang apapun, semua satu, PPIH Arab Saudi,” kata Arsyad saat memimpin apel pagi di depan Kantor Urusan Haji (KUH) Indonesia, di Madinah, Arab Saudi, Sabtu (6/7).

Adapun jadwal kedatangan empat kloter jemaah haji Indonesia yang tiba di Bandara Madinah hari ini, adalah kloter 1 asal embarkasi Surabaya diperkirakan tiba pukul 10.00 WAS. Kemudian kloter Batam 1 pukul 10.35 WAS. Kloter Surabaya 2 mendarat pukul 13.30 WAS, dan jemaah haji kloter Batam 2 pukul 14.35 WAS.

Nantinya Bandara AMAA Madinah juga akan diterapkan layanan fast track untuk jemaah yang berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta. Agar layanan fast track berjalan baik, pihaknya telah menempatkan para petugas haji di bandara sebagai pengawas di imigrasi, pengawas barang di bandara, pengawas barang jamaah yang akan masuk bus, serta pengawas jamaah yang akan naik ke bus.

Kedatangan jemaah kloter pertama di Bandara Madinah akan disambut Dubes RI untuk Arab Saudi, Konjen RI serta pihak Kementerian Haji Arab Saudi.

Guna kelancaran penyambutan dan pelayanan jamaah haji di Bandara, Arsyad mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pertemuan internal daker bandara, dan juga telah berkoordinasi antar daerah kerja. (put)