Peternak

Kastara.ID, Depok – CV Puput Bersaudara terletak di Jalan Caringin Gang Jagal, Kelurahan Rangkapan Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat. Dalam hal peternakan, khususnya berfokus pada penggemukan sapi potong adalah jenis usaha yang menggiurkan. Maka tak heran jika banyak orang serta perusahaan besar yang terjun ke industri ini. Demi bisa bertahan dalam persaingan itu, kualitas dan kuantitas produk menjadi hal mutlak yang harus diperhatikan.

Salah satunya pengusaha muda asal Depok, Didik Priyanto (47). Ia mengikuti jejak orang tuanya untuk menggeluti usaha sapi ini. Dengan modal pengalaman, akhirnya sukses di bidang penjualan sampai penggemukan. Bahkan Didik sudah mempunyai beberapa tempat kandang, salah satunya di Gang Jagal yang memperkerjakan warga sekeliling tempat kandang sapi usahanya sebanyak 70 Kepala Keluarga yang bekerja di kandang miliknya.

Untuk penggemukan sapi, Didik mempercayai salah seorang penduduk setempat, Panus (45) untuk pembuatan pangan yang nanti diberikan kepada sapi peliharaannya. Pakan sapi ini memilliki definisi sebagai bahan yang dapat dimakan, disukai, dapat dicerna, tidak menimbulkan penyakit, serta bermanfaat bagi ternaknya.

Panus menjelaskan bahwa ada banyak jenis pakan yang bisa diberikan pada ternak sapi potong. Secara garis besar, pakan sapi potong dapat digolongkan pakan hijauan dan pakan tambahan.yang diberikan makan setiap pagi dan sore hari.

Panus mengatakan, untuk pakan hijauan adalah pakan yang berasal dari tanaman, mulai dari ujung akar hingga pucuk daun. Hijauan merupakan jenis pakan yang penting dalam usaha peternakan sapi potong sebab menjadi sumber selulosa dan hemiselulosa (serat kasar) yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan pada rumen (lambung hewan pemamah biak).

Pakan penguat adalah bahan dengan kadar serat kasar yang rendah (<18%) sehingga relatif lebih mudah dicerna dibandingkan hijauan. Bahan pakan konsentrat dapat dikelompokkan menjadi konsentrat sumber karbohidrat dan konsentrat sumber protein.

Keduanya jenis konsentrat itu penting untuk usaha penggemukan sapi potong, dan terakhir pakan tambahan adalah pakan yang diberikan pada ternak. Sapi potong yang dipelihara secara intensif membutuhkan pakan penguat untuk meningkatkan performanya. Pakan tambahan dapat berupa vitamin, mineral, dan mikroorganisme.

Sementara untuk vitaminnya yang biasa diberikan pada sapi potong adalah vitamin A dan vitamin D. Vitamin A berfungsi untuk fungsi penglihatan mata sapi dan antioksidan, sementara vitamin D berguna dalam menjaga kekokohan tulang.

Panus juga mengucapkan banyak terima kasih kepada pemilik CV Puput Bersaudara yang sudah memberikan pekerjaan warga di sekitar banyak yang berubah, baik secara materi sudah sangat membantu kehidupan keluarganya, bahkan bisa untuk menyekolahkan anak-anaknya. (*)